Kushal Punjabi Bunuh Diri, Rekan Artis Sebut Pentingnya Cegah Depresi

Kushal Punjabi
Sumber :
  • Instagram

VIVA – Aktor India Kushal Punjabi ditemukan meninggal dunia akibat bunuh diri. Ia ditemukan gantung diri di kediamannya di Mumbai, India pada Kamis 26 Desember kemarin.

Biar Gen Z Gak Overthinking, Psikolog Saranin Lakukan 4 Hal Ini

Dikutip dari laman India Today, Sabtu 28 Desember 2019, diketahui Kushal memang memiliki penyakit mental yang diidapnya yaitu depresi klinis. Kabar ini membuat banyak teman selebritinya yang cukup kaget karena mengenal Kushal sebagai pria yang selalu ceria.

Kondisi mental yang dialami Kushal tersebut membuat sebagian selebriti menjadikannya pelajaran bahwa penyintas kesehatan mental seringkali menyembunyikan masalahnya.

8 Hobi yang Bikin Hidup Lebih Bahagia dan Mental Sehat

Seperti artis Kavita Kaushik yang menyampaikan belasungkawa sekaligus pentingnya mendengarkan keluhan orang tercinta dalam unggahan fotonya bersama Kushal.

"Depresi bukan hal KRIMINAL. Kita semua memiliki masalah. Tolong untuk bicara, jangan pura-pura bahagia saat sebenarnya hatimu sedih, omong kosong jika menunjukkan pada dunia SEMUANYA BAIK-BAIK SAJA! Saat sebenarnya TIDAK BAIK!," ungkapnya.

Psikolog Ungkap Alasan Gen Z Sering Dicap Lembek

"Kushal adalab seorang pejuang. Dia akan selalu melakukan hal baru setiap saat yang mana membuat kami berdua selalu terkoneksi, kami memang hanya teman dan bukan teman dekat tapi saya mengenal keluarganya, orangtuanya dan adik perempuannya, mereka sangat baik," katanya menambahkan.

Ia melanjutkan bahwa sangat menyangkan kondisi mental seseorang yang masih mendapat stigma buruk sehingga membuat pengidapnya enggan membicarakan secara terbuka. Padahal, kesehatan mental adalah isu yang sangat serius.

"Sekarang pria baik ini harus pergi selamanya dan kita akan selalu bertanya-tanya kenapa ini terjadi, padahal faktanya banyak orang yang memberi stigma buruk, memberi tekanan pada gambaran tubuh sempurna dan kita semua bisa jadi korban!" ungkapnya.

Kavita menambahkan agar masyarakat mulai lebih peka pada sesama, dan menjauhi sikap membicarakan hal buruk di belakang seseorang. Melainkan, setiap orang harus saling mendukung pada sesamanya untuk bisa melindungi diri dari masalah mental.

"Kushal pergi dan tak bisa kembali tapi kita bisa ada untuk mereka yang memiliki kondisi sepertinya. Saya patah hati tapi saya siap untuk siapapun yang ingin berkeluh kesah," katanya.

Jika Kamu butuh bantuan konsultasi untuk mengatasi masalah depresi atau Kamu melihat orang yang ingin melakukan aksi bunuh diri bisa menghubungi nomor darurat Kementerian Kesehatan di 119.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya