10 Negara dengan Perbedaan Waktu Puasa, Greenland Capai 18 Jam

Umat Islam melakukan Tawaf keliling Kakbah sebagai bagian dari pelaksanaan ibadah Umroh di Masjidil Haram, Makkah Al Mukarramah, Arab Saudi
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Aji Styawan

VIVA – Puasa adalah sebuah aktivitas yang dilakukan oleh semua umat Muslim di mana pun berada. Ketika berpuasa kita dianjurkan untuk menahan diri dari apa saja yang akan membatalkannya. Mulai dari menahan lapar, haus, amarah, dan hawa nafsu yang dimulai sejak terbit fajar sampai terbenamnya matahari atau ketika maghrib tiba. Perlu diketahui bahwa setiap negara di dunia mempunyai durasi waktu yang berbeda-beda dari matahari terbit sampai terbenam. Hal inilah yang menjadi faktor perbedaan lama berpuasa di setiap negara di dunia. 

8 Negara dengan Penurunan Tercepat di Asia

Garis khatulistiwa sangat berpengaruh pada posisi negara untuk melaksanakan waktu berpuasa. Untuk beberapa negara yang dilewati oleh garis khatulistiwa, waktu berpuasa kurang lebih sekitar 15 sampai 16 jam seperti Indonesia, Arab Saudi, India, dan Pakistan. Sementara itu, untuk beberapa negara di bagian utara Bumi mempunyai waktu berpuasa yang relatif lebih panjang. Waktu yang terlama berpuasa bisa mencapai 21 jam. Sedangkan untuk waktu berpuasa di selatan Bumi cenderung lebih pendek yaitu sekitar 11 jam. Nah, berikut adalah ulasan mengenai perbedaan waktu puasa di dunia. 

Lantas, Apa Saja Perbedaan Waktu Puasa di Dunia?

Ramalan Jayabaya Soal Perang Dunia Ketiga, Bakal Terjadi di 2024 Karena Iran vs Israel?

1. Canberra, Australia

Kota Melbourne, Australia.

Photo :
  • U-Report
Alasan Negara Arab Lebih Pilih Dukung Israel daripada Iran, Khawatir Perang Makin Luas

Canberra merupakan ibu kota Australia yang mempunyai durasi waktu puasa tergolong lebih singkat karena hanya sekitar 12,5 jam. Karena lokasinya berada di bumi bagian selatan, masyarakat yang mendiami kota tersebut akan merasakan berpuasa di tengah peralihan musim gugur ke musim dingin, dengan suhu antara 10 sampai 15 derajat Celcius. Durasi yang sama juga berlaku untuk beberapa negara lain yang berada di bumi bagian selatan, seperti Selandia Baru, Afrika Selatan, dan Argentina. 

2. Sao Paulo, Brasil

Menara Lego, Sao Paulo

Photo :
  • Designboom

Untuk masyarakat yang tinggal di dalam kota di Brazil, Amerika Latin ini akan merasakan durasi puasa yang sama dengan Indonesia. Waktu imsak dan juga berbuka puasa di Sao Paolo juga hampir mirip dengan beberapa kota di Tanah Air. Mulai pukul 05.05 sampai pukul 17.50, umat Islam yang ada di kota ini akan berpuasa selama kurang lebih 13 jam. 

3. Bangkok, Thailand

Grand Palace Bangkok

Photo :
  • Dok. Alika

Bila kamu tinggal di Thailand, maka waktu berpuasa akan lebih lama satu jam dari Jakarta. Selama kurang lebih 14 jam umat Islam yang ada di Bangkok akan menunaikan ibadah puasa mulai dari pukul 04.49 sampai pukul 18.33. Negara lain yang mempunyai durasi puasa yang sama dengan Thailand adalah Sri Lanka, Ethiopia, dan Yaman. 

4. Makkah, Arab Saudi

Kota Makkah.

Photo :
  • U-Report

Untuk masyarakat Indonesia yang akan melaksanakan ibadah umrah ke Arab Saudi di tengah waktu berpuasa kemungkinan akan melaksanakan puasa selama 14 jam. Di kota Makkah, waktu imsak akan berlangsung pukul 04.38 dan untuk waktu berbuka puasa akan terjadi pukul 18,43. Durasi puasa tersebut akan berlaku bila kamu pergi ke India dan Hong Kong, serta beberapa negara Timur Tengah lainnya seperti Qatar, Uni Emirat Arab, Oman, dan Bangladesh.

5. Tokyo, Jepang

The University of Tokyo

Photo :
  • www.u-tokyo.ac.jp

Berbeda dengan Indonesia, ketika umat Islam yang berada di Tokyo Jepang akan berpuasa, mereka harus rela bangun sahur lebih awal. Sebab, waktu imsak di kota ini jatuh pada pukul 03.32. Selain itu, mereka juga akan menunaikan ibadah puasa selama kurang lebih 14,5 jam sampai pukul 18.18. Selain Jepang, negara lainnya yang sama yaitu Afghanistan, Pakistan, Iran, Irak, dan lain sebagainya. 

6. Los Angeles, Amerika Serikat

California Selatan, Los Angeles, AS

Photo :
  • KJRI Los Angeles

Umat Islam yang berada di Los Angeles, Amerika Serikat akan merasa waktu berpuasa sama seperti di Makkah dan negara Timur Tengah yang lain. Puasa diawali saat waktu imsak pukul 05.04 san waktu berbuka puasa pukul 19.28. Puasa di Los Angeles akan berlangsung sekitar 14,5 jam di tengah suasana yang kering dan terik. 

7. Berlin, Jerman

Berlin Jerman

Photo :
  • Pixabay

Kehadiran musim semi di Berlin, Jerman, maka waktu siang hari juga akan lebih panjang daripada biasanya. Hal ini juga akan semakin menambah durasi berpuasa di kota tersebut yang berlangsung selama 15 jam. Mulai pukul 04.25 sampai 19.36. Negara lain yang mempunyai durasi puasa yang sama dengan Jerman adalah Denmark dan Rusia. 

8. London, Inggirs

Tower Bridge London.

Photo :
  • Pixabay

Bulan Ramadhan di Inggris biasanya jatuh pada musim semi sehingga waktu berpuasa di negara ini akan lebih panjang. Umat Islam yang tinggal di negara ini dituntut untuk berpuasa selama kurang lebih 16,5 jam yang dimulai pukul 03.42 sampai pukul 20.05. Durasi puasa yang sama juga berlaku untuk beberapa negara lain seperti Kanda, Polandia, dan Belgia. 

9. Helsinki, Finlandia

Helsinki, ibu kota Finlandia.

Photo :
  • Pixabay

Bila kamu memandang puasa selama 13 jam di Indonesia adalah sebuah masalah, coba bayangkan untuk umat Islam yang harus menjalankan ibadah puasa di Helsinki, Finlandia. Mereka yang berada di kota tersebut harus berpuasa selama 17,5 jam mulai dari pukul 03.09 sampai pukul 20.47. Waktu berpuasa yang serupa juga terjadi di kota Oslo, Norwegia.  

10. Nuuk, Greenland

Nuuk di Greenland.

Photo :
  • U-Report

Lokasinya yang terletak di belahan bumi paling utara membuat kota Nuuk, Greenland mempunyai hari yang paling panjang di seluruh dunia. Hal ini membuat umat Islam yang berada di pulau terbesar di dunia tersebut harus melakukan puasa selama 18 jam. Waktu imsak akan jatuh pukul 03.07 dan berbuka puasa atau ketika matahari terbenam pada pukul 21.15. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya