Cara Sederhana Hilangkan Kebiasaan Negatif

Ilustrasi sehat
Sumber :
  • pixabay

VIVA.co.id – Seringkali banyak yang menyarankan untuk melakukan banyak kebiasaan baru yang lebih positif agar perilaku menjadi lebih baik. Padahal, salah satu yang paling penting untuk memiliki pola hidup yang sehat, diawali dengan menghilangkan kebiasaan negatif terlebih dahulu.

Jangan Dilewatkan! Ini Pentingnya Pemanasan Sebelum Olahraga

Psikolog Dra. Retno Dewanti Purba, MPsiT, mengatakan bahwa anak muda di zaman sekarang lebih banyak menganut pola hidup yang kurang baik. Saat ini generasi muda tersebut lebih banyak mendapatkan pemahaman akan pola hidup baru yang lebih positif untuk dilakukan.

"Memasuki masa dewasa memang momen di mana mengeksplorasi hal baru. Tapi banyak yang akhirnya menjalankan pola hidup yang negatif dan saat sudah sadar, ingin mengubahnya menjadi gaya hidup yang positif. Padahal itu sudah jadi kebiasaan, dan itu sulit diubah," ujarnya ketika ditemui usai peluncuran Frisian Flag Purefarm Coconut Delight, di kawasan Sudirman, Jakarta, Selasa, 27 September 2016.

Nyeri-Pegal Usai Olahraga? Yuk Kenalan dengan DOMS

Menurutnya, kebiasaan yang sudah terbentuk sejak lama akan sulit digantikan dengan pola hidup baru. Sehingga, Dian menganjurkan agar menjalani pola hidup positif dimulai dari menghapus kebiasaan-kebiasaan negatif.

"Hapus dahulu kebiasaan negatifnya, itu aja pasti sulit. Untuk menghapusnya, harus ada rencana dan teknik perubahan dimulai dari adanya awareness pada diri sendiri," ujar psikolog yang bekerja di SAUH Psychological Service.

Garmin Run 2024 Fasilitasi Peserta Disabilitas

Tehnik untuk menghapus kebiasaan negatif diawali dengan aware atau kesadaran kemudian dilanjutkan dengan knowledge atau pengetahuan. Menurutnya, jika kedua hal tersebut telah ada dan didapatkan, maka terbentuk adaptasi baru untuk pola perilaku positif.

"Dari awareness dan knowledge, ketika keduanya didapatkan, ternyata mendukung pada sikap positif. Pola kita untuk ubah perilaku harus berencana, enggak hanya niat."

Sakit pinggang.

Pekerja Kantoran Sering Mengeluh Sakit Leher dan Pinggang? Begini Mengatasinya

Sakit leher dan sakit pinggang kerap dikeluhkan oleh pekerja kantoran. Beberapa penyebabnya di antaranya terlalu banyak duduk, terlalu banyak menatap layar komputer.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024