Mengupas Manfaat Semangka untuk Kecantikan

Semangka.
Sumber :
  • Pexels/freestocks.org

VIVA.co.id – Semangka adalah salah satu buah menyegarkan yang nikmat disantap di kala panas terik. Tidak hanya menyegarkan dan meredakan dahaga, secara tidak langsung semangka juga punya banyak khasiat untuk kulit.

Kena Mental Penampilannya Terus Dicibir Netizen, Ivan Gunawan Mau Make Over Wajah Lagi

Semangka diketahui ditemukan di negara-negara Afrika Selatan. Buah ini kaya akan vitamin A dan C, karbohidrat, potasium dan mineral. Selain itu, semangka mengandung air sebesar 95 persen. Buah ini pun dapat tumbuh di musim apapun, iklim tropis dan memberikan hasil terbaik di musim panas.

Apa saja manfaat semangka bagi kulit? Berikut di antaranya dilansir laman Boldsky.

Wow, Gadis Jepang Ini Akui Dirinya Sudah Jalani Operasi Plastik Sejak SD

Membersihkan kulit

Serat dan air dalam buah semangka dapat membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh dan baik untuk pencernaan. Semakin sedikit racun dalam tubuh, semakin cerah pula kulit.

7 Manfaat Buah Semangka dengan Segudang Nutrisi Baik untuk Tubuh

Mengatasi Kulit Berminyak
Semangka baik bagi mereka dengan kulit berminyak. Buah ini mampu menyeimbangkan kembali kadar minyak pada wajah. Oleskan masker buah pada wajah dengan campuran beberapa potong semangka di dalamnya.

Pelembab

Semangka juga bisa dimanfaatkan sebagai pelembab alami. Kandungan air dalam semangka membantu mencerahkan dan menghidrasi kulit.

Anti Ageing

Kandungan likopen, vitamin A dan C membantu mengurangi radikal bebas dalam tubuh. Radikal bebas adalah senyawa yang memicu timbulnya kerutan halus pada wajah. Campur satu sendok teh madu dengan semangka, jadikan masker wajah.

Jerawat

Salah satu buah yang ampuh mengatasi jerawat adalah semangka. Buah ini cukup lembut untuk digunakan setiap hari. Cukup celupkan kapas pada air semangka dan aplikasikan pada seluruh wajah. Diamkan 15 menit, lalu bilas.

Sunburn

Air semangka segar nan dingin bisa meredakan kulit yang terbakar matahari. Campurkan semangka dengan mentimun parut oleskan pada bagian yang terbakar. Tidak hanya meredakan tapi ramuan ini juga mampu mencerahkan kembali kulit.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya