Jelang Tutup, Clarks Diskon Sepatu hingga 80 Persen

Gerai Clarks di Grand Indonesia
Sumber :
  • VIVA/Isra Berlian

VIVA – Salah satu toko sepatu asal Inggris, Clarks mengumumkan menghentikan kegiatan operasionalnya yang tersebar di seluruh Indonesia. Seluruh gerai akan ditutup mulai akhir Februari 2018.

Siap-siap, Serbu Pesta Diskon Dahsyat Cuma di Akhir Pekan Ini

Terkait hal tersebut, salah satu petugas wanita yang dihubungi VIVA melalui call center pun membenarkannya. Kendati demikian, dia enggan berkomentar banyak.  

"Kebetulan orangnya (pemberi statement) sudah pulang. Benar (akan tutup) dan untuk lebih jelasnya bisa menunggu dari Pak Rubby," katanya, Selasa 30 Januari 2018.

Siap-siap, Festival Diskon 12.12 Bikin Ketagihan Belanja Online

Bahkan dalam akun Clarks Indonesia di Instagram, mereka telah mengumumkan hal tersebut lima hari lalu. "Sorry we're permanently closed," tulis pihak Clarks.

Ketika VIVA mengunjungi beberapa gerai sepatu premium itu di sejumlah mal di Jakarta, beberapa karyawan membenarkannya. Salah seorang karyawan bernama Silvia di toko Clarks Grand Indonesia, membenarkan adanya penutupan gerai sepatu ini.

Masih Sempat! Pesta Diskon 11.11 Banyak Promo Berlimpah, Cek Yuk!

"Benar (ada penutupan)," ujarnya kepada VIVA.

Dia juga menjelaskan bahwa sebelum tutup, gerai tersebut menggelar diskon untuk para pelanggannya. Adapun diskon yang ditawarkan di gerai Grand Indonesia hingga setengah harga.

"Ada diskon 50 persen, akan ada tambahan diskon jika menggunakan kartu kredit. Kalau satu barang tambahannya 10 persen, untuk dua barang 15 persen, dan 20 persen untuk tiga barang," kata dia.

Bahkan, beberapa gerai sempat ramai pelanggan pada akhir pekan lalu dan siang hari ini. Sementara Supervisor Clarks di Senayan City, yang enggan disebutkan namanya juga membenarkan penutupan tersebut.

"Iya seluruh (gerai Clarks) di Indonesia akan tutup, kemungkinan Februari akhir, cuma kurang paham. Untuk Sency (Senayan City) mungkin Maret. Hasil rapat kemarin sih Maret, tanggalnya belum pasti," kata dia kepada VIVA.

Saat dikonfirmasi alasan mengapa gerai yang menjual sepatu pria dan wanita ini tutup, dia enggan mengungkapkan. Namun, seperti beberapa retail fesyen yang tutup lebih dahulu, alasannya karena biaya atau pengeluaran yang lebih besar dibanding dengan pendapatan mereka seiring dengan melemahnya bisnis retail di Tanah Air.  

Dan, menjelang penutupan, toko Clarks di Senayan City juga menggelar diskon besar-besaran untuk semua produknya. Semua sepatu yang ditawarkan didiskon mulai dari 50 hingga 80 persen.

"Ada juga yang special price itu dari Rp500 ribuan sampai Rp700 ribuan," ujarnya.

Sejak dikabarkan menawarkan diskon besar-besaran, sepatu yang didistribusikan oleh PT Anglo Distrindo Antara, ini banyak diburu oleh pembeli. Bahkan, juga terjadi peningkatan pembelian.

"Omzet beberapa kali lipat karena diskon besar, orang sudah tahu kalau Clarks itu jarang diskon, diskon 10 persen saja susah," kata karyawan tersebut yang sudah bekerja selama 10 tahun di Clarks Indonesia.

Sale Clarks di Senayan City

Namun, saat VIVA mengunjungi gerai Clarks di Senayan City, hanya ada beberapa pembeli yang datang. Menurutnya, pembeli ramai pada akhir pekan dan hari Senin.  

"Kemarin Senin ramai. Semua pada borong, bukan cuma satu. Misal ibu-ibu, dia minimal beli tiga untuk anak dan suaminya," katanya. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya