Mau Tiket Pesawat Murah? Ini 3 Trik Jitu Mendapatkan Secara Online

Apapun urusan dan kebutuhannya, pastikan Anda memilih waktu terbang yang tepat
Sumber :

VIVA – Rezeki dan jodoh ada di tangan Tuhan, begitu juga dengan keberuntungan mendapatkan barang dengan harga murah saat musim diskon. Keberuntungan itu suka datang dan pergi tanpa permisi. Nah, untuk Anda yang merasa diri gagal bersaing untuk mendapatkan tiket penerbangan murah, sebenarnya ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk melakukannya di luar musim diskon.

Mengintip Keindahan Alam Malang: Air Terjun, Gunung, dan Pantai

Bagaimana caranya? Dikutip dari berbagai sumber, berikut ini ialah tips mendapatkan tiket penerbangan murah tanpa menunggu diskon:

1.    Menjadi ‘dekat’ dengan penjual tiket pesawat

Membaca Pergerakan Warga saat Mudik Lebaran

Apa maksudnya menjadi dekat dengan penjual tiket pesawat? Menjadi dekat dalam konteks ini adalah Anda sebaiknya mendaftarkan diri sebagai member dan berlangganan newsletter dari situs penjual tiket pesawat online agar selalu update dengan info mengenai tiket promo.

Mengapa? Sebaiknya Anda tahu bahwa menjadi anggota pelanggan sebuah maskapai juga bisa memberikan keuntungan. Tak hanya sistem tukar poin atau miles, menjadi anggota pelanggan maskapai juga lebih sering diutamakan, seperti diberikan layanan lounge saat pesawat sedang transit.

Explore Serunya Liburan dan Wisata Kuliner di Makau dengan Promo Traveloka

2.    Perhatikan waktu sibuk

Sebagai perbandingan dan informasi, di rute yang sibuk, seperti Jepang atau London, membeli tiket untuk terbang sekitar jam 6 pagi atau jam 6 sore bakal jauh lebih mahal dari jam-jam yang lain.  Hindari juga membeli tiket untuk terbang di hari Senin, Jumat, Sabtu, atau Minggu, karena empat hari itu merupakan hari paling populer bagi orang bepergian.

Apa pun urusan dan kebutuhannya, pastikan Anda memilih waktu terbang yang tepat. Pada akhir pekan, harga tiket pesawat biasanya akan mengalami kenaikan. Begitu juga di saat liburan. Sebaiknya, beli tiket penerbangan paling pagi atau paling malam untuk mendapatkan harga yang murah.  Selain bandara masih sepi, kita juga punya lebih banyak waktu sesampainya di tujuan. Dikutip dari Blog Traveloka, infografis dibawah ini menjelaskan hal yang perlu diperhatikan ketika membeli tiket pesawat.

Sumber : https://blog.traveloka.com/infografik/traveloka-bocorkan-3-cara-jitu-pesan-tiket-pesawat/

3.    Manfaatkan bandara sekunder dan transit

Secara geografis, Anda pasti mengerti bahwa Indonesia berada tak jauh dari Singapura, negara yang bandara Internasionalnya selalu menjadi tempat transit penerbangan jarak jauh. Manfaatkan hal ini untuk mendapatkan tiket yang lebih murah.

Selain itu, Anda sebaiknya tahu bahwa terbang dari bandara kecil juga disebut lebih murah, meski makan waktu lebih panjang. Kota-kota besar biasanya memiliki bandara sekunder yang lebih kecil. Bagi sebuah maskapai penerbangan, mendaratkan pesawatnya di bandara sekunder memakan lebih sedikit biaya dibandingkan jika pesawat mendarat di bandara utama.

4.    Beli tiket satu arah terlebih dahulu

Kalau punya dana lebih dan belum memiliki tanggal kepulangan yang pasti, sebaiknya beli tiket penerbangan satu arah terlebih dahulu. Apalagi jika kebetulan menemukan tiket murah di tanggal keberangkatan yang diinginkan.

Pasalnya, maskapai akan selalu mengganti harga sesuai dengan tingkat keterisian penumpang dalam penerbangannya. Berharap saja ada maskapai yang sepi penumpang di tanggal kepulangan yang diinginkan. Anda bisa membeli tiket kepulangan pada lain waktu saat Anda bisa mendapatkan harga yang lebih murah lagi dengan mencari informasi penawaran yang terbaru.

5.    Perhatikan detail pembelian dan maskapai

Apa saja hal detail itu? Mulai dari nama, tanggal lahir, sampai airlines detail adalah hal yang wajib kamu perhatikan saat pembelian tiket pesawat secara online. Jangan sampai, ada detail yang salah ataupun tidak sesuai, sebab bukan tidak mungkin Anda bisa mengeluarkan biaya tambahan untuk perbaikan detail tersebut.

Pun, Anda wajib memperhatikan banyak detail saat keberangkatan, mulai dari boarding pass, hingga airlines yang akan dinaiki. Alih-alih ingin berhemat dengan tiket pesawat yang lebih murah, namun hanya karena Anda tertinggal pesawat, Anda malah harus membeli tiket yang baru.

Terakhir, booking sekarang! Jangan menunda Jika Anda benar-benar membutuhkan tiket dan sudah menentukan waktu dan tujuan. Apalagi Anda sudah memperhatikan poin-poin di atas, Anda pasti bisa mendapat penawaran harga terbaik, proses perjalanan dengan pesawat pun bisa kamu lalui dengan mudah, aman, dan nyaman.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya