Membaca Pergerakan Warga saat Mudik Lebaran

Antrean kendaraan di Gerbang Tol Kalikangkung pada puncak arus mudik Lebaran 2023.
Sumber :
  • VIVA/Teguh Joko Sutrisno.

VIVA Tekno – Kementerian Perhubungan memprediksi potensi pergerakan masyarakat selama musim Lebaran 2024 dapat mencapai 71,7 persen dari jumlah penduduk Indonesia atau mencapai 193,6 juta orang.

Aksi Sopir Pikap Ini Dipuji Warganet, Berani Hadang Dua Bus Lawan Arus

Seiring dengan musim mudik dan liburan yang semakin dekat, Traveloka membagikan tren mudik dan libur Lebaran tahun ini.

CEO of Transport Traveloka Iko Putera melihat konsumen mulai merencanakan perjalanan sedini mungkin, bahkan sejak Februari 2024.

Gasak Harta Majikan Saat Mudik Lebaran, Pria di Tangerang Ditangkap Polisi

Data internal Traveloka menunjukkan adanya lonjakan untuk pencarian transportasi, dengan pencarian tiket pesawat untuk 4 destinasi teratas seperti Surabaya, Yogyakarta, Padang, Makassar, dan Bali.

"Keempat destinasi ini naik dua kali lipat jika dibandingkan bulan sebelumnya. Pada periode yang sama, minat masyarakat untuk berlibur ke destinasi internasional seperti Kuala Lumpur, Singapura, dan Bangkok juga mengalami peningkatan," kata dia di Jakarta, Kamis, 4 April 2024.

Masa RAFI 2024, Konsumsi Avtur Naik 10%

Ilustrasi layanan OTA Traveloka.

Photo :
  • Dokumen Traveloka

Ilustrasi layanan OTA Traveloka.

Photo :
Selanjutnya, data internal Traveloka menunjukkan puncak arus mudik dan arus balik berdasarkan pembelian tiket cukup beragam.

Untuk moda transportasi pesawat, puncak keberangkatan terjadi pada 5-6 April, dengan arus balik pada 14-15 April 2024.

Sementara untuk kereta api, puncak keberangkatan terjadi pada 5-8 April dan arus balik mulai 13-15 April 2024.

Khusus, bus dan travel, lonjakan keberangkatan terjadi pada 3-8 April dan arus balik pada 13-15 April 2024.

"Moda transportasi darat seperti kereta api, bus, dan travel juga masih menjadi pilihan masyarakat untuk bepergian, khususnya di wilayah lintas Pulau Jawa," jelas Iko.

Adapun tren pencarian bus dan travel untuk periode Lebaran meningkat sebanyak hampir 12 kali lipat, dan kereta api meningkat sebanyak lebih dari 30 kali lipat, jika dibandingkan dengan bulan sebelumnya.

Untuk moda transportasi darat, destinasi domestik yang menjadi favorit konsumen meliputi Yogyakarta, Surabaya, Semarang, Malang, Bandung, Cirebon, Bandar Lampung, dan Padang.

Melihat tingginya kebutuhan transportasi umum darat di musim mudik, Traveloka bekerja sama dengan Cititrans untuk menambah rute Bus terbaru, seperti Jakarta - Semarang - Solo - Yogyakarta dan Jakarta - Surabaya - Malang, yang sudah dapat diakses melalui website atau aplikasi Traveloka.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya