Enggak Usah Minder, Ini 7 Cara Alami Atasi Ketiak Hitam

Ilustrasi ketiak/bau badan.
Sumber :
  • Pixabay/Nicola Giordano

VIVA – Bagi banyak orang, kulit ketiak yang berwarna gelap bisa menjadi sumber rasa malu. Kulit ketiak yang hitam juga dapat membuat sebagian orang tidak nyaman mengenakan atasan tanpa lengan atau mengenakan baju renang. Hal ini pada akhirnya membuat turunnya rasa percaya diri dan harga diri.

Fuji Pernah Insecure Lantaran Warna Kulit, Sampai Tak Mau Lakukan Hal Ini

Ada berbagai kemungkinan penyebab ketiak hitam. Beberapa di antaranya karena deodoran yang menimbulkan iritasi kimia, kebiasaan mencukur bulu ketiak, hiperpigmentasi hingga penyakit Addison atau kerusakan kelenjar adrenal.

Saat mengalami semua hal itu, banyak orang kebingungan bagaimana mengatasinya. Padahal ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk meminimalisir ketiak hitam.

Atasi Ketiak Basah dan Bau Tak Sedap dengan 5 Tips Ini

Seperti misalnya, mengganti merek deodoran. Beberapa orang beralih ke alternatif alami, seperti soda kue atau cuka sari apel. Beberapa orang bahkan berhenti menggunakan deodoran sama sekali Selain itu, berhentilah mencukur bulu ketiak. Anda lebih baik memilih waxing atau laser hair removal sebagai gantinya. Yang terakhir, berhenti merokok.

Nah, ada juga cara alami yang bisa dilakukan untuk mengatasi ketiak hitam secara alami. Ada sejumlah bahan yang bisa digunakan. Ini dia daftarnya, dilansir dari Health Line, Selasa, 2 April 2019.

Ayu Ting Ting Jadi Sorotan Gara-gara Ketiak

1. Kentang

Parut kentang, peras air dari kentang parut dan oleskan cairan kentang pada ketiak Anda. Setelah 10 menit, bilas ketiak dengan air dingin.

2. Ketimun

Potong irisan mentimun tebal-tebal dan gosok pada area ketiak. Setelah 10 menit, bilas ketiak  dengan air dingin.

3. Lemon

Potong tebal lemon dan gosok lemon pada ketiak. Setelah 10 menit, bilas ketiak dengan air dingin, keringkan dan oleskan pelembap.

4. Kunyit

Dalam mangkuk kecil, campur dua sendok makan air perasan lemon segar dengan kunyit secukupnya untuk dijadikan pasta. Oleskan pasta secara merata ke ketiak. Setelah 30 menit, bersihkan.

5. Minyak Telur

Tepat sebelum tidur, pijatkan minyak telur ke ketiak. Pagi berikutnya, cuci ketiak dengan sabun atau pembersih dengan pH tubuh yang seimbang.

6. Minyak Kelapa

Pijat ketiak menggunakan minyak kelapa. Setelah 15 menit, cuci ketiak Anda dengan air hangat dan sabun. Ulangi langkah-langkah ini dua hingga tiga kali sehari.

7. Kulit Jeruk

Lumatkan kulit jeruk. Campurkan satu sendok makan susu dan satu sendok makan air mawar dengan kulit jeruk untuk membuat pasta kental. Gunakan campuran ini untuk menggosok ketiak Anda dan biarkan selama 15 menit sebelum dibilas dengan air dingin. Ulangi dua hingga tiga kali per minggu. (rna)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya