Jangan Sampai Dijauhi, Begini Trik Hilangkan Bau Badan Tak Sedap

Ilustrasi ketiak/bau badan.
Sumber :
  • Pixabay/Nicola Giordano

VIVA – Bau badan tak sedap tentu saja mengganggu aktivitas Anda. Selain membuat Anda merasa tidak nyaman, bau badan juga bisa bikin orang sekitar Anda juga mengalami hal yang sama.

6 Tips Super Mudah Agar Tetap Wangi Setelah Berolahraga Intensif

Tahukah Anda, ternyata bau badan yang kita miliki berasal dari kulit. Selain itu, juga dari mulut, anus dan kelamin.

"Dari kulit, bau badan berasal dari ketiak, kulit kepala, telapak kaki, rambut dan kuku. Bau tersebut berasal dari kelenjar keringat, yaitu apokrin, ekrin, dan sebasea," kata dr. Adinda FN, MD dari ZAP Clinic kepada VIVA, Minggu, 28 April 2019.

Ustaz Solmed Jadi Sorotan Gegara Bau Badannya Terendus saat Jadi Juri, Ternyata Ini Aromanya

Dia menambahkan bahwa kondisi lingkungan dan penyakit bisa memperparah tubuh Anda menjadi beraroma tak sedap. Selain itu, faktor lain yang memberi efek pada aroma tubuh adalah makanan.

"Bau badan juga dapat dihasilkan dari makanan yang Anda biasa konsumsi, seperti pete, jengkol, durian, terasi dan ikan asin," ujarnya.

Miris, Istri Ceraikan Suami Gegara Jarang Mandi dan Gosok Gigi

Lantas bagaimana cara menghilangkan bau badan dari tubuh? Adinda pun membagi trik mudah menyingkirkan bau badan tak sedap tersebut.

"Untuk menghilangkan bau badan, ada beberapa hal yang dapat kalian lakukan. Pertama, dengan menghindari makanan yang berbau menyengat, menggunakan deodoran, menggunakan botolinum yang dapat menghambat kerja kelenjar keringat pada ketiak dan telapak tangan," saran dia.

Di samping itu, Anda juga bisa melakukan treatment hair removal yang dapat mengurangi bau badan. Sebab, treatment ini akan membersihkan area rambut yang merupakan salah satu penyebab bau badan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya