Batik Pastel Oversized dan Tenun Baduy Jadi Tren Busana Pria 2019

Koleksi di Men's Fashion Week 2019
Sumber :
  • Dok. Istimewa

VIVA – Rama Dauhan kembali berpartisipasi dalam ajang Plaza Indonesia Men’s Fashion Week yang diselenggarakan oleh Plaza Indonesia. Kembali berkolaborasi dengan Alleira Batik, koleksi terbarunya hadir dengan judul “PURNA”.

Jelang Ramadan, Koleksi Hari Raya dari Produk Lokal Mulai Bermunculan

Purna yang berasal dari bahasa Hindi memiliki arti “kesempurnaan”. Dalam koleksi ini Rama Dauhan menggabungkan Japanese Street Style untuk tatanan look, dan terinspirasi warna khas Jaipur, India seperti mustard, dusty pink, terracotta, hijau, biru sampai coklat.

Koleksinya itu tetap dalam pilar Nusantara, yaitu dengan menggabungkan proses batik dan pencelupan. Serta masih menampilkan gaya dan ciri khas Rama Dauhan dalam membuat volume nyaman dan oversized seperti jacket, bowling shirt, drop crotch pants, dan long coat.

Masa Kejayaan Majapahit Inspirasi Ivan Gunawan di Front Row Paris 2023

Koleksi barunya ini juga menghadirkan volume baru berupa berbagai bentuk rompi, detail kantong, beragam buckle, yang membuat tampilan pada koleksi ini menjadi lebih unik, muda, dan trendy. Pengaruh motif India yang dimodifikasi dan dikembangkan menjadi lebih sederhana membuat koleksi ini tampak modern tapi tetap membumi.

“PURNA” diharapkan menjadi koleksi yang dapat diterima oleh kaum pria pecinta mode tanah air, mengingatkan kembali bahwa Batik yang merupakan warisan budaya Indonesiia dapat dengan mudah dipaklai dalam berbusana sehari-hari yang jauh dari kesan kuno dan membosankan," ujar Rama Dauhan dikutip dari siaran pers PIMFW 2019, Rabu 25 September 2019.

Terinspirasi dari Keanggunan Mesir Kuno, Koleksi Busana Ini Hadir

Adapun show kedua menampilkan koleksi Adrie Basuki dengan tema Jejak Langkah Baduy. Koleksinya, selalu 

mengangkat kain tradisional Indonesia, sebelumnya di tahun 2018 menggunakan kain Lurik Klaten dan kali ini menggabungkannya dengan Kain Tenun Baduy.

"Kain tenun Baduy ini masih jarang dieksplore dan secara motif sangat cocok dengan fashion pria, dimana kain tenun baduy ini mayoritas merupakan motif geometris dan banyak yang berwarna alam. Kain tenun baduy dipasangkan dengan natural cotton fabric dan sulaman tangan dengan gaya yang mudah dipadu-padankan dan bisa dipakai di banyak kesempatan," ujar Adrie.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya