Masa Kejayaan Majapahit Inspirasi Ivan Gunawan di Front Row Paris 2023

Koleksi Ivan Gunawan di Front Row Paris (FRP) 2023
Sumber :
  • ist

PARIS –Dalam upaya untuk memperluas jejak fashion Indonesia di panggung internasional, desainer Ivan Gunawan, akan mempresentasikan koleksi teranyarnya di Front Row Paris (FRP) 2023. Acara tersebut akan berlangsung di The Westin Vendome, salah satu tempat yang paling eksklusif di kota mode dunia ini.

Resmikan Masjidnya di Uganda, Ivan Gunawan Potong Sapi hingga Bagi-bagi Hijab, THR dan Alquran

Front Row Paris adalah sebuah program yang dilaksanakan secara berkelanjutan dengan tujuan memperkuat pemasaran produk fashion Indonesia di pasar Eropa. Pasar ini dikenal memiliki pengaruh signifikan terhadap industri fashion dunia, sehingga menjadi platform yang sangat strategis untuk mempromosikan kreativitas dan keunggulan fashion Indonesia. Scroll lebih lanjut ya.

Koleksi yang akan dipamerkan oleh Ivan Gunawan ini unik dan penuh makna. Ivan mengeksplorasi ide kreatif dari masa keemasan kerajaan Majapahit, sebuah kerajaan besar yang pernah ada di wilayah Indonesia dan dipimpin oleh sang Maharani, Tribhuawana Tunggadewi. Di bawah kepemimpinannya, Majapahit mampu menaklukkan berbagai wilayah nusantara dan mencapai puncak kejayaan.

Terharu! Ivan Gunawan Resmikan Sebuah Masjid di Uganda, Ucapkan Rasa Syukur kepada Tuhan

Mengambil inspirasi dari periode keemasan ini, Ivan Gunawan mentransformasikannya ke dalam wujud fashion modern. Koleksinya terdiri dari rancangan gaun-gaun malam high fashion yang mencerminkan karakter khas dari Ivan sendiri: tampilan red carpet, aura selebriti, glamor, dan seksualitas. Semua rancangan ini diberi sentuhan warna emas sebagai simbol keemasan dan kemegahan. Selain itu, koleksi ini dihiasi dengan ornamentasi kristal dan fringe kristal yang ditata dekoratif untuk memberikan efek gemerlap, memadukan antara sejarah dan modernitas dalam satu platform.

Dua WNI Batal Terbang ke Paris Akibat Boarding Pass dan Visa Tertukar, Kinerja Kedutaan Disorot

Elemen pakaian ratu Majapahit seperti kemben dan stagen yang fit di badan diterjemahkan menjadi bustier maillot, atau terusan korset (bathing suit), yang saat ini semakin popular dan dikenakan oleh banyak diva musik hingga selebriti. Bustier maillot dipadankan dengan gaun panjang fit bahan lace yang transparan, ada juga dengan cape dress transparan, lalu dengan pasangan celana palazzo dan blus berlengan gelembung puffy, kemudian dengan ruffle skirt bertingkat yang ditimpa lagi dengan korset.

Bustier ini diciptakan untuk bisa saling mix and match dengan setiap elemen di dalam koleksi ini. Semua rancangan berdesain timeless, menembus batas trend, sehingga akan mampu untuk tetap digunakan di masa-masa yang akan datang. Di antara bahan-bahan lace yang digunakan, terdapat dua bahan dengan motif yang diciptakan sendiri oleh Ivan Gunawan, yaitu motif Kipas Renjana (Renjana: Cinta kasih, gairah, dan rindu), berupa susunan kipas repetitive dengan ukuran yang gradual. Dan motif Pakis Suvarna (Suvarna: Emas), berupa sulur-sulur yang menjulur ke atas menggapai harapan indah.

Koleksi Ivan Gunawan di Front Row Paris (FRP) 2023

Photo :
  • ist

“Setelah 20 tahun berkarya, ini pertama kalinya saya menciptakan motif sendiri,” ujar Ivan Gunawan.

Kehadiran Ivan Gunawan di Front Row Paris (FRP) 2023 semakin mendapat sorotan, terutama dengan adanya dukungan penuh dari berbagai pihak, mulai dari Vibe Indonesia, Fabric Society, hingga Leciel. Rangkaian kolaborasi ini menggambarkan kekuatan dan keragaman talenta serta produk asli Indonesia.

Tidak berhenti di situ, kekayaan koleksi Maharani oleh Ivan juga tampak dari pilihan bahan-bahannya yang disuplai oleh Fabric Society, sebuah toko bahan kain 'high-end' yang berlokasi di Pondok Indah Mall 2. Fabric Society telah beroperasi selama 30 tahun dan mengekspor kain berkualitas tinggi ke seluruh dunia. Untuk koleksi ini, Ivan menggunakan bahan buatan tangan yang berhiaskan kristal, payet, dan aplique.

Keistimewaan koleksi ini juga ditingkatkan oleh aksesori perhiasan dari Leciel, merek perhiasan Indonesia yang terkenal dengan desain kustomnya. Kolaborasi pertama antara Leciel dan Ivan Gunawan menghasilkan koleksi aksesori bertema 'Golden Parade', yang menggabungkan elemen ornamen cantik dan finishing emas mewah dari Leciel dengan aksen batu alam, mutiara baroque, dan rhinestone berwarna-warni. Elemen fauna seperti kupu-kupu, capung, dan singa juga ditambahkan.

Koleksi Ivan Gunawan di Front Row Paris (FRP) 2023

Photo :
  • ist

Sebagai puncak dari keikutsertaan Ivan di FRP 2023, Ivan Gunawan Cosmetics akan menjadi Official Makeup Partner. Merek kosmetik ini, yang memiliki slogan 'Effortless Beauty', akan digunakan untuk merias para model dan juga mendukung desainer Indonesia lainnya yang berpartisipasi di acara ini. 

"Kami bangga bisa membawa nama Indonesia ke arena internasional. Kolaborasi ini adalah manifestasi dari semangat persatuan dan kepercayaan diri, yang kami harap bisa memperkaya dan memperkuat posisi Indonesia di dunia fashion global," ujarnya. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya