Tenun Baduy Disulap jadi Busana Edgy dan Elegan

Koleksi Gayatri Vol. III karya desainer Yudhistira
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Perancang busana Yudhistira kembali mempersembahkan karya rancangan terbarunya dengan nama Gayatri Vol. III. Tak ingin tampil biasa, koleksinya ini menonjolkan keindahan kain khas Indonesia.

Jarum Hijau Pamer Kain Tenun NTB, Busananya Bak Artis Hollywood Liburan!

Sebanyak 20 rancangan ready-to-wear akan ditampilkan dalam acara Festival Indonesia yang digelar di Australia pada 25 Oktober. Koleksi ini menyajikan keindahan kain Tenun Baduy dalam beragam model busana kasual hingga formal untuk para wanita.

Koleksi Gayatri kali ini merupakan seri ketiga yang dihasilkan oleh Yudhistira. Jika di seri pertama dan kedua Yudhistira berhasil menyajikan keindahan kain Batik, maka kali ini, ia memilih mengangkat Tenun Baduy yang banyak menampilkan motif bergaris dengan warna-warna gelap nan hangat seperti merah tua hingga hitam. 

Hari Keempat, JFW 2020 Diwarnai Berbagai Kain Indonesia

"Untuk koleksi kali ini, saya mencoba memadukan potongan edgy yang lebih modern dengan Tenun Baduy yang berkharisma. Motif garis yang banyak mendominasi Tenun Baduy juga sangat fleksibel untuk diaplikasikan baik sebagai atasan maupun bawahan," ujarnya dalam keterangan kepada VIVA.

Ia menambahkan, melalui koleksi Gayatri Vol. III ini ingin menyampaikan pesan kepada dunia bahwa kain-kain khas Indonesia tak hanya cantik dan berkarakter namun juga memiliki nilai versatility. Di mana sangat mungkin untuk diterapkan sebagai busana sehari-hari yang nyaman namun tetap terlihat modern dan elegan.

Saat Pengrajin Lokal Belajar Ciptakan Fashion Standar Internasional

Busana rancangan Yudhistira ini akan ditampilkan dalam Festival Indonesia di Australia yang merupakan acara yang digelar untuk mempromosikan produk-produk Indonesia. Festival yang akan digelar tanggal 24-28 Oktober ini akan dihadiri tak hanya oleh masyarakat Australia namun juga turis negara lain yang sedang mengunjungi negara tersebut. Hal ini menjadikan Festival Indonesia sebagai sarana yang tepat untuk memperkenalkan keindahan kain khas Indonesia, khususnya Tenun Baduy kepada para pecinta fashion mancanegara.

Untuk melengkapi Koleksi Gayatri Vol. III, Yudhistira menggandeng Nefertiti Paris sebagai salah satu ahli riasan wajah di Indonesia. Untuk kolaborasi bersama Yudhistira kali ini, Nefertiti Paris akan menampilkan riasan bertema gothic yang diselaraskan dengan keindahan Tenun Baduy.

"Saya berharap, melalui Koleksi Gayatri Vol. III ini saya bisa lebih membuka mata dunia akan keindahan dan keragaman budaya Nusantara yang tercermin melalui kain-kain tradisional yang tak hanya menampilkan warna dan motif indah namun juga sarat akan nilai dan makna kearifan lokal," ungkapnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya