Tips Kelola Bisnis Fesyen di Era Pandemi

Ilustrasi bisnis fesyen.
Sumber :
  • Freepik/gpointstudio

VIVA – Mengelola bisnis bukan hal yang mudah. Apalagi di era pandemi seperti saat ini. Masyarakat lebih mengencangkan ikat pinggang dalam hal keuangan. Mereka memilih untuk berhemat dan mengurangi alokasi dana belanja.

Berkembang Pesat, Modest Fashion Indonesia Sudah Pantas Jadi Kiblat Fesyen Dunia?

Tak heran banyak brand yang sering melakukan diskon besar-besaran. Dengan begitu, konsumen bisa membeli produk yang mereka inginkan dengan harga yang lebih terjangkau. Mereka juga bisa lebih nyaman berbelanja tanpa harus khawatir dengan keuangan.

Menurut founder brand fesyen lokal GVFI, Bisma, selain diskon besar-besaran, hal lain yang bisa dilakukan pemilik bisnis untuk menarik pembeli antara lain dengan melakukan promo gratis ongkos kirim (ongkir).

5 Motor Vespa Bersolek di Indonesia Fashion Week 2024

"Selain diskon besar-besaran sampai 65 persen, ragam penawaran yang menguntungkan pelanggan setia setiap hari kami berikan. Promo gratis ongkir, voucher, bundling produk sampai giveaway di akun marketplace," ucapnya dalam keterangannya, Selasa, 23 Maret 2021.

Tak hanya itu, ia mengatakan bahwa kualitas pelayanan kunsumen juga menjadi fokus pihaknya di tahun 2021. Hal ini dilakukan agar konsumen mendapatkan pengalaman berbelanja dari rumah yang lebih baik dan nyaman di era pandemi, di mana banyak hal dilakukan secara daring termasuk berbelanja.

Kolaborasi BPJPH, Industri Tekstil dan Designer Luncurkan Indonesia Global Halal Fashion

"Penambahan jam operasional customer service kita berlakukan sampai tiga shift untuk memberikan pelayanan terbaik untuk pelanggan setia yang sekarang mulai merambah ke kota-kota kecil di seluruh Indonesia. Dengan penambahan jam kerja ini, diharapkan kita bisa melayani kebutuhan customer tanpa ada batasan waktu”, jelasnya.

Namun, ia mengatakan bahwa menerapkan diskon besar-besaran bukan berarti kualitas produk menurun. Produk-produk yang dibuat harus selalu melewati tahap quality control pabrik yang ketat.

”Kita akan tetap jaga kualitas terbaik yang selama ini kita punya. Mulai dari pemilihan bahan katun yang baik, teknik jahit dan sablon yang mumpuni selalu kita perhatikan, sampai detail-detail kecil seperti pengemasan yang selalu rapi, agar pelanggan setia dan pelanggan baru happy menerima paket dari kita,” tambah Bisma.

Sebagai informasi, GVFI sendiri tengah memperkenalkan koleksi terbarunya bertajuk Essence of Happiness 2021. Koleksi tersebut terdiri dari item fashion dengan desain kekinian dan warna-warna yang mendekatkan akan unsur-unsur kesenangan. Seperti kaos, kemeja, sweaters dan boardshorts yang dibanderol dengan harga mulai dari Rp20 ribu.

Ada pula varian baru yang hadir di musim terbaru, yakni tren lama varsity jacket, yang dikombinasikan dengan detail bahan dan aksesori premium.

Mengacu pada sejarahnya, varsity sendiri merupakan jaket warna-warni yang merepresentasikan identitas satu sekolah. Umumnya, terbuat dari wol dan perpaduan kulit. Salah satu ciri khasnya adalah inisial huruf di bagian dada, untuk menunjukkan sekolah tertentu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya