Curi Perhatian, Ini Pakaian Adat Presiden Jokowi di Sidang Tahunan MPR

Presiden Jokowi mengenakan pakaian adat Suku Baduy.
Sumber :
  • Twitter/@KSPgoid

VIVA – Hari ini presiden Joko Widodo kembali mencuri perhatian ketika hadir dalam agenda Sidang Tahunan MPR RI dan Pidato Kenegaraan Presiden RI dalam rangka peringatan HUT ke-76 RI, serta Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI yang digelar di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta. Dalam agenda Sidang Tahunan MPR RI, Senin 16 Agustus 2021, Presiden Joko Widodo nampak menggunakan pakaian adat.

Besok, Jokowi Bertemu CEO Microsoft di Istana Negara

Dalam acara tersebut, Presiden Jokowi terlihat menggunakan baju adat dari Suku Baduy. Pakaian adat yang digunakan presiden Jokowi itu serba hitam dengan ikat kepala berwarna hitam bercampur biru.

Dikutip dari Twitter Kantor Staf Presiden @KSPgoid, dijelaskan bahwa Presiden Jokowi memilih menggunakan pakaian adat suku Baduy dalam agenda Sidang Tahunan MPR RI pagi ini sebagai bentuk penghormatan dan penghargaan pada keluhuran nilai-nilai adat dan budaya suku Baduy.

Kunjungan Terakhir PM Lee, Jokowi Sambut Baik Kerja Sama Pertahanan dengan Singapura

Dijelaskan juga bahwa dalam penyiapan baju adat Suku Baduy yang dikenakan presiden Jokowi pagi ini dibantu oleh Tetua Adat Masyarakat Baduy sekaligus Kepala Desa Kanekes, Bapak Jaro Saija.

Dalam cuitannya, Kantor Staf Presiden juga memberikan detail mengenai busana adat suku Baduy seperti yang dikenakan oleh Presiden Joko Widodo pagi ini dalam agenda Sidang Tahunan MPR RI.

3 Kali Bos Microsoft Satya Nadella ke Indonesia, Semuanya Ketemu Jokowi

1. Telekung

Ikat kepala kadang disebut koncer atau roma, hasil tenun masyarakat Baduy

2. Kutung

Baju putih berlengan panjang tanpa kerah juga disebut jamang sangsang

3. Beuber

Ikat pinggang berupa selendang kecil

4. Samping aros

Sarung warna nila bergaris putih dipakai sebatas dengkul.

Tidak hanya presiden Jokowi saja, Wakil Presiden RI, Ma'ruf Amin yang juga hadir dalam agenda Sidang Tahunan MPR pagi ini juga terlihat menggunakan busana adat. Wapres Ma'ruf hadir tampil mengenakan busana adat suku Mandar Sulawesi Barat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya