Ponsel hingga Seprei, 5 Kebiasaan Ini Picu Jerawat

Ilustrasi jerawat
Sumber :
  • Freepik/Tongpatong

VIVA – Masalah jerawat bisa terjadi pada usia berapa pun dan faktor penyebabnya juga sangat beragam. Terlebih, tak sedikit yang menyadari bahwa beberapa kebiasaan kecil bisa berdampak pada timbulnya jerawat.

Harus Dicegah Sejak Dini, Inilah Masalah Kulit yang Rentan Dialami oleh Wanita Hamil

Penyebab munculnya jerawat pada wajah umumnya dipengaruhi oleh produksi minyak yang berlebih dan penumpukan sel-sel kulit mati yang membuat pori-pori kulit tersumbat. Hal ini tidak boleh dianggap remeh, karena sering kali jerawat menimbulkan bekas yang sulit hilang apabila tidak dirawat dengan benar.

Namun tentunya, pencegahan adalah kunci dari kulit yang sehat. Nah, sebaiknya mulai waspadai penyebab umum yang dapat memicu timbulnya jerawat di wajah. Berikut kebiasaan yang rentan menimbulkan jerawat di wajah, menurut rilis yang diterima VIVA, Kamis, 4 November 2021.

5 Dampak Buruk Stres Buat Kesehatan Kulit, Penuaan Dini Hingga Bikin Kusam

1. Ponsel Jarang Dibersihkan

Ilustrasi perempuan menggunakan ponsel.

Photo :
  • Pinkvilla
Wajah Glowing Bebas Flek Hitam dan Jerawat di Hari Raya? Simak Tips Ampuhnya!

Membersihkan ponsel Anda mungkin bukan hal pertama yang Anda pikirkan. Kita semua bersalah karena melewatkan ini dari waktu ke waktu. Pikirkan sejenak. Anda meletakkan ponsel tepat di sisi wajah Anda.

Kemudian mungkin lengan Anda lelah sehingga Anda mengalihkannya ke sisi lain. Anda telah mengambil ponsel yang terbungkus bakteri dan menyebarkan bakteri ke seluruh wajah Anda yang berpotensi menyebabkan jerawat di masa depan.

Minyak dari riasan dan kulit kita tanpa sadar menumpuk di ponsel kita. Jika Anda melihat jerawat muncul di pipi atau rahang, ponsel Anda mungkin menjadi penyebabnya.

2. Jarang ganti seprei

Ilustrasi tempat tidur.

Photo :
  • Pexels/Kristin Vogt

Sama seperti ponsel mengumpulkan minyak kulit dan sel kulit mati Anda, begitu juga sarung bantal Anda. Mencuci sarung bantal secara teratur serta tidur telentang dapat membantu menghilangkan jerawat yang disebabkan saat tidur.

Secara khusus tidur telentang dapat menjaga pori-pori tetap terbuka dan segar, mencegah berjerawat dan kambuh pada hari berikutnya.

3. Makanan tinggi lemak dan gula

Ilustrasi makanan manis/cupcakes.

Photo :
  • Pixabay/StockSnap

Makanan yang menyebabkan gula darah Anda naik dengan cepat meningkatkan kadar insulin Anda. Terlalu banyak insulin dapat memicu perubahan dalam tubuh Anda yang pada gilirannya meningkatkan aktivitas kelenjar penghasil minyak.

Menurut sebuah studi oleh American Journal of Nutrition, Anda mungkin memiliki lebih sedikit jerawat jika Anda menambahkan lebih banyak biji-bijian, kacang-kacangan dan sayuran ke dalam makanan Anda sambil mengurangi pasta, nasi putih, roti putih dan gula.

4. Tak sadar menyentuh wajah

Ilustrasi jerawat.

Photo :
  • Pixabay/Kjerstin_Michaela

Anda mungkin berpikir Anda tidak sering menyentuh wajah Anda, tetapi apakah Anda pernah secara tidak sadar menyentuhnya sepanjang hari? Mungkin meletakkan dagu Anda di tangan Anda atau menggosok tangan Anda di wajah Anda jika Anda lelah?

Luangkan waktu sepanjang hari Anda dan cobalah untuk memperhatikan berapa kali Anda menyentuh wajah Anda. Menyentuh wajah Anda sepanjang hari dengan cepat menjadikannya bagian paling kotor dari tubuh Anda. Penting untuk tidak hanya mencuci tangan, tetapi juga wajah Anda.

5. Sering stres

Ilustrasi stres/sakit kepala/pusing.

Photo :
  • Freepik/freepik

Stres tidak hanya memengaruhi munculnya jerawat, tetapi juga memperburuk kesehatan kulit Anda secara keseluruhan. Biasanya stres menyebabkan kulit Anda memproduksi lebih banyak minyak. Solusi terbaik adalah menemukan pereda stres harian yang cocok untuk Anda.

Bagi sebagian orang mungkin melakukan yoga atau membaca buku dan bagi yang lain hanya tidur nyenyak akan membantu mengurangi tingkat stres tersebut.

Menghilangkan jerawat

Banyak hal yang dapat dilakukan untuk mengatasi jerawat, mulai dari cara alami hingga berbagai jenis produk perawatan kulit.

Menghilangkan jerawat secara optimal tidak cukup dengan merawat kulit wajah dengan mencuci muka kemudian menggunakan pelembab dan tabir surya untuk merawat kulit wajah mereka. Diperlukan produk lainnya yang berfungsi sebagai booster seperti serum.

Serum merupakan produk perawatan kulit wajah yang kaya akan nutrisi atau bahan aktif tertentu. Karena teksturnya yang ringan, serum sangat efisien diserap oleh kulit wajah. Hal ini menjadikan serum sebagai produk yang ideal untuk mengatasi masalah kulit tertentu, salah satunya adalah jerawat.

Kulit wajah berjerawat membutuhkan produk perawatan yang tepat, termasuk pemilihan serum. Menggunakan serum wajah untuk kulit berjerawat dapat secara efektif mencegah pertumbuhan bakteri penyebab jerawat dan mengurangi peradangan untuk menyembunyikan jerawat.

Banyaknya pilihan produk serum wajah untuk kulit berjerawat kadang akan membingungkan konsumen dan memicu masalah kulit baru jika mereka tidak tahu cara memilih serum yang tepat. Alih-alih mendapatkan serum terbaik, memilih produk perawatan kulit yang salah justru membuat kulitmu semakin berjerawat.

Erha Acneact sebagai salah satu brand rangkaian skincare dari ERHA yang fokus mengatasi permasalahan jerawat, memiliki rangkaian perawatan lengkap #DariExpertnya yang berkomitmen memberikan kepastian bahwa jerawat dapat diatasi jika menggunakan produk yang tepat, tidak perlu lagi coba-coba yang berujung tak tentu. Yuk, kita bahas satu-satu produk Acne Serum Series!

Ilustrasi wanita/skincare/perawatan kulit.

Photo :
  • Freepik/lookstudio

Anti Acne Serum

Serum yang diformulasikan khusus untuk kulit berminyak dan berjerawat. Dengan kombinasi 2 persen BHA dan Niacinamide, serum ini dapat membantu melawan bakteri penyebab jerawat, mengangkat kotoran dan sel kulit mati yang menyumbat pori, dan mengurangi sebum berlebih sehingga kulit terasa nyaman, jerawat teratasi, dan bebas minyak tanpa terasa kering.

Blemish Soothing Serum

Serum yang diformulasikan khusus untuk menenangkan kemerahan pada kulit kering dan sensitif dengan kondisi berjerawat. Mengandung Cica dan Prebiotic, serum ini berfungsi untuk melawan bakteri penyebab jerawat, menenangkan kemerahan, menjaga pertahanan kulit dengan menyeimbangkan mikrobioma kulit, dan tetep membuat kulit terasa nyaman dan lembap.

Post Acne Spot Serum

Serum yang diformulasikan khusus untuk bekas jerawat. Kombinasi 5 persen Niacinamide, 3 persen Tranexcamic Acid, dan PAD (Potassium Azeloyl Diglycinate) secara aktif membantu
mencerahkan kulit agar noda hitam dan kemerahan bekas jerawat pudar. Diperkaya dengan kandungan Calamine yang memberikan warna natural merah muda dan membantu menenangkan kulit.

Berdasarkan hasil uji In-Vitro, Anti Acne Serum dan Blemish Soothing Serum teruji 100 persem mencegah bakteri penyebab jerawat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya