Demi Mirip Artis Korea Banyak yang Jalani Oplas, Ini Kata Dokter

Perawatan wajah
Sumber :
  • Dokumentasi

VIVA – Mulai dari makanan, fashion hingga kecantikan dari Korea memberi pengaruh pada tren secara global. Begitu pun di Indonesia, tak sedikit kaum hawa yang kagum dengan wajah cantik dan wajah V-shape ala aktor dan aktris yang berasal dari Negeri Ginseng itu. Hal itu membuat mereka nekat melakukan tindakan ekstrem demi mirip artis pujaan.

3 Skincare Ini Jadi Paling Diandalkan oleh Penggunanya

Pakar kecantikan wajah dr. Eklendro Senduk D.AAA, M.Ks, lewat tayangan Doctorpreneur di kanal YouTube VDVC Health, yang tayang belum lama ini, memaparkan mengenai beberapa perawatan atau tindakan agar wajah mirip artis Korea. Langkah yang banyak dilakukan adalah bedah atau operasi plastik. Lantas, amankah tindakan itu?

“Tindakan operasi wajah dibagi dua, non plastic surgery dan plastic surgery,” ujar dr. Ekles, sapaannya.

Pengen Mulai Perawatan Kulit? Perhatikan Ini Biar Gak Terjerumus Klinik Abal-abal

Non plastic surgery terdiri dari tindakan seperti botox, filler, dan thread lift atau yang biasa disebut tanam benang. Dikatakan aman jika yang menindaklanjuti adalah dokter yang kompeten di bidangnya, dan isi yang digunakan juga aman.

“Filler berisi hyaluronic acid, suatu protein yang dapat diserap tubuh. Tindakan ini bersifat semi permanen,” ungkap dr. Ekles lagi.

Terungkap! SYL Juga Pakai Uang Korupsi untuk Beli Skincare Anak dan Cucu

Tindakan filler dikatakan tidak aman jika berisi silikon cair, karena bersifat permanen di kulit. Dokter Ekles mengatakan bahwa calon pasien harus teliti memilih dokter dan klinik kecantikan.

“Hati hati dengan bahaya infeksi, lama-lama bisa menjadi kanker kulit,” ucap dia.

Sementara itu, tindakan plastic surgery atau pembedahan dilakukan agar mirip dengan aktor dan aktris idola mereka. Tindakan ini dikatakan aman jika dilakukan oleh dokter bedah plastik, dan setelah dibedah harus kontrol secara rutin.

“Hati hati jika bukan tenaga kompeten yang melakukannya, Anda harus waspada. Karena sehat adalah investasi untuk masa depan yang lebih baik,” ujar dr. Ekles.

Dalam dunia kecantikan Korea Selatan, bahan-bahan alami yang aneh dan tidak lazim juga sering digunakan baik sebagai skincare atau sheet mask. Salah satu bahan alami yang tergolong aneh yang digunakan dalam perawatan kulit ala Korea Selatan adalah snail mucin atau lendir siput.

Lendir siput merupakan bagian dari industri perawatan kulit yang mendapat banyak permintaan di negara itu. Lendir siput mengandung asam glikolat, enzim glikoprotein, peptida tembaga sehingga bermanfaat untuk kecantikan dan kesehatan kulit.

Nah, Vivanians berniat mencoba tindakan bedah atau non bedah nih? Apa mungkin saja tertarik dengan skincare lendir siput?

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya