Dokter Ungkap Cara Cepat Hilangkan Flek Hitam, Ada 4 Tahap!

Ilustrasi wanita
Sumber :
  • Freepik/lookstudio

VIVA – Flek hitam baik akibat paparan sinar matahari atau bekas jerawat, paling sulit dihilangkan. Butuh waktu lama untuk dapat melenyapkannya, apalagi jika hanya bermodal skincare

3 Skincare Ini Jadi Paling Diandalkan oleh Penggunanya

Lalu, adakah cara cepat untuk menghilangkan flek hitam hanya dengan skincare dan tanpa treatment di klinik kecantikan? 

Medical Expert, dr. Bianca Alianajla, menjelaskan, kulit akan selalu memperbarui diri dengan siklus per 28 hari. Dalam siklus ini, sel-sel kulit mati yang berada di permukaan kulit atas akan digantikan oleh sel-sel baru yang datang dari bawah kulit. 

Deretan Solusi Ampuh Merawat Kulit Wajah Kesayangan Anda

"Flek hitam ini termasuk kulit mati di atas. Nanti lama-lama seiring berjalannya waktu dia akan mengelupas dan digantikan oleh sel kulit baru yang warnanya normal dan masih sehat," ujarnya saat talkshow ILLO Natural Skincare, Sabtu 26 Februari 2022. 

Ilustrasi wanita.

Photo :
  • Freepik/benzolx
Pengen Mulai Perawatan Kulit? Perhatikan Ini Biar Gak Terjerumus Klinik Abal-abal

Namun masalahnya, menurut dokter Bianca, proses penghilangan flek hitam akan berlangsung lama. Paling cepat 3 bulan, bahkan ada yang sampai 1 tahun, tergantung seberapa dalam kerusakannya di kulit. 

Lalu, bagaimana dengan penggunaan skincare, apakah bisa membantu menghilangkan flek hitam? 

"Peran skincare untuk flek hitam untuk mempercepat penghilangan kulit mati di atas permukaan kulit, mempercepat shading kulit mati, mempercepat time over kulit, jadi mempercepat pertumbuhan sel kulit baru untuk mengganti sel kulit mati di atas yang banyak flek-flek hitam," kata dia.

Menurut Bianca, flek hitam bisa dihilangkan dengan skincare, namun dengan catatan, produk yang digunakan lengkap dan rutin dipakai setiap hari. Apa saja jenis skincare-nya? 

Ilustrasi wanita/skincare/kecantikan.

Photo :
  • Freepik/wayhomestudio

"Yang pertama pakai gentle cleanser, kedua pakai moisturizer untuk menjaga skin barrier-nya. Karena kalau skin barrier sehat, kulitnya sehat, maka sel-sel kulit baru akan terpicu untuk diproduksi," ungkapnya. 

Yang ketiga, jika ingin cepat menghilangkan flek hitam, maka gunakan produk-produk eksfoliasi, seperti asam salisilat, salycilic acid, glycolic acid, dan lain-lain. 

"Terakhir, kalau mau ilang dengan skincare, salah satu yang paling penting itu tiap hari pakai sunscreen. Jadi, flek hitamnya gak makin diperparah dengan pengeluaran melanin yang dipicu oleh paparan sinar UV yang berlebih," terang dr. Bianca Alianajla.

Ilustrasi wanita cantik

Photo :
  • Freepik/denissmart

Sebagai informasi, ILLO juga meluncurkan produk perawatan kulit berbahan dasar alami yang telah memenuhi standar BPOM dan ramah lingkungan. Tiga produk unggulannya yakni, Jojoba Lavender Cleansing Nectar, Rosy Hydrating Toner, dan Blemish Lotion.

"ILLO Natural Skincare merupakan brand skincare aman, natural dan sustainable. Illo dalam Bahasa Hungaria artinya fit, proper atau cocok. Kami pun berharap ILLO menjadi brand yang cocok untuk memenuhi kebutuhan perawatan kulit wanita Indonesia, serta aman bagi mereka yang sedang hamil maupun menyusui," ujar Maliha Matta selaku CEO ILLO.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya