7 Cara Meluruskan Rambut Secara Alami, Dijamin Anti Ribet!

Ilustrasi rambut panjang dan lurus.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Pada umumnya rambut lurus cenderung tidak mudah kusut dan tidak terpengaruh oleh cuaca maupun polusi. Selain itu, rambut lurus juga mudah dirawat dan ditata.

Potret Terakhir Babe Cabita Sebelum Meninggal Dunia, Botak Tanpa Rambut Kribonya

Untuk soal penataan, rambut lurus bisa diatur dengan bentuk yang bervariasi. Mulai dari dibiarkan tergerai, dikuncir berbagai gaya, sampai potongan rambut jenis bob hingga layer. Pemilik rambut lurus seringkali menggunakan produk penata rambut dibandingkan jenis rambut lainnya.

Maka dari itu tidak heran jika mempunyai rambut lurus halus dan mudah diatur menjadi impian bagi banyak orang. Sederet metode untuk memiliki rambut lurus pun tersedia. Sayangnya, sebagian teknik memerlukan beragam bahan kimia dan alat yang menghasilkan panas sehingga rambut cepat rusak dan kusam.

Dishub Tangerang Gelar Ramp Check di 20 PO Bus Mudik, Klakson Turut Diperiksa

Namun jangan khawatir, kamu pun tetap bisa memperoleh rambut lurus halus secara alami dengan mudah. Bahkan kamu bisa melakukannya sendiri tanpa harus ke salon. 

Yuk, simak 7 cara meluruskan rambut secara alami yang bisa kamu coba di rumah.

Selamat Tinggal Rambut Lepek! Berikut 7 Tips untuk Rambut Bervolume dan Sehat
  1. Terus menyisir rambut yang basah

sisir wide tooth

Photo :
  • ulta.com

Cuci rambutmu dengan shampoo dan conditioner, keringkan menggunakan handuk, lalu tepuk secara lembut. Kemudian sisir rambut dengan sisir jenis wide-tooth, sisir setiap bagian rambut perlahan. 

Jika rambutmu kusut, uraikan lembut-lembut dengan jari sebelum menyisir kembali. Setelah menyisir rambut secara menyeluruh, diamkan selama lima menit dan ulangi prosedur yang sama sampai rambut benar-benar kering. 

  1. Oleskan smoothing cream atau serum

ilustrasi krim

Photo :
  • freepik by freepik

Menggunakan krim maupun serum rambut memang tidak menjamin rambut akan lurus. Tetapi langkah ini bisa kamu terapkan jika sedang malas. Dengan mengoleskan krim atau serum, otomatis rambut cenderung basah.

Dengan begitu, pelurusan mudah dilakukan sebab rambut lebih gampang diatur. Mengoleskan krim atau serum tidak hanya membuat rambut mudah ditata namun sekaligus menutrisi rambut. 

  1. Bilas rambut dengan susu

Susu

Photo :
  • Times of India

Mungkin yang satu ini terdengar agak aneh mengingat susu sejatinya dikonsumsi, bukan untuk perawatan rambut. Rupanya susu mengandung kasein dan protein whey yang berfungsi sebagai pelurus alami. Kedua kandungan ini bisa memperkuat dan menghaluskan helaian rambut serta memperbaiki rambut kering dan rusak. Manfaat tersebut membantu meluruskan rambut secara alami.

Setelah keramas, siapkan segelas penuh susu. Celupkan jari ke susu lalu dengan ujung jari, lapisi tiap helai rambut secara lembut. Pindahkan sisa susu ke sebuah botol dan tuang perlahan susu ke rambut dan kulit kepala. Tunggu sebentar, lalu bilas dengan air.

Jenis susu yang bisa digunakan antara lain susu sapi, susu kambing, susu almond, serta santan.

  1. Gunakan masker campuran madu dan pisang

Pisang dan madu.

Photo :
  • U-Report

Selain susu, ada lagi pangan yang bisa dijadikan pilihan untuk menciptakan rambut lurus yaitu madu dan pisang. Kedua bahan ini bila digabungkan dan rutin digunakan bakal membuat rambut lurus.

Pisang dapat menghidrasi rambut sementara madu melapisi helai rambut dengan antibakteri pelindung. Cara membuat masker yang satu ini cukup mudah. Ambil satu pisang matang, tumbuk sampai halus kemudian tambahkan satu sendok makan madu, giling sampai halus dan rata.

Oleskan ke seluruh rambut dan kulit kepala secara merata lalu gunakan shower cap untuk mengunci kandungan masker rambut ini. Bilas setelah setengah jam kemudian cuci rambutmu dengan shampoo.

  1. Jepit rambut ke atas menjadi dua bagian dan biarkan semalaman

Jepit Rambut Anti Penjahat

Photo :
  • Facebook/First Sign Technologies

Trik meluruskan rambut ini ternyata berasal dari Argentina dan disebut dengan La Toca. Lakukan metode La Toca ketika rambut masih setengah basah. Pisahkan rambut menjadi dua bagian yang lebih kecil, lilitkan, lalu jepit. Biarkan selama semalam.

Dengan rambut ditata dengan cara ini, kemungkinan rambutmu tidak akan berantakan. Ketika bangun tidur kamu memperoleh rambut yang lebih halus daripada sebelumnya. Untuk hasil yang lebih sempurna, kamu dapat mem-blow rambut sebelum dijepit.

  1. Oleskan telur

Telur bebas kandang

Photo :
  • claveland clinic health

Telur bagus untuk mengisi kembali kandungan protein rambut yang membantu menjinakkan rambut kusut dan sulit diatur secara alami. 

Oleskan telur sebagai masker rambut sebanyak dua atau tiga kali seminggu untuk mendapatkan dosis protein yang cukup agar menjaga kadar keratin dan rambut tetap utuh. Dengan mengandung vitamin B, tekstur rambut menjadi halus dan lurus secara alami.

Pecahkan dua butir telur, lalu kocok sampai merata. Oleskan ke seluruh rambut dan kulit kepala lalu biarkan sampai 10 menit. Bilas sampai bersih kemudian lanjutkan dengan shampoo dan conditioner.

  1. Oleskan pasta atau minyak almond

kacang almond

Photo :
  • freepik by topntp26

Satu lagi pangan yang dapat digunakan untuk meluruskan rambut adalah almond. Kacang ini kaya akan bahan penting seperti vitamin E, omega 3, serta 6 asam lemak. 

Ketiga kandungan tersebut membuat rambut berkilau, kuat, dan mendorong pertumbuhan rambut yang sehat yang otomatis membuat rambut terlihat lebih lurus.

Hanya oleskan sedikit pasta atau minyak almond pada rambut setiap malam sebelum tidur cukup untuk mulai meluruskan surai kamu secara alami.

Qin Huilan

Sosok Qin Huilan, Wanita 70 Tahun yang Jadi Bintang Catwalk di Paris Fashion Week

Qin Huilan tengah menyita perhatian, terutama di dunia fashion. Ia adalah wanita yang menempuh perjalanan luar biasa dari pecinta fashion hingga jadi model di usia tua.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024