Cerita di Balik Kemeja Penuh Makanan yang Dipakai Sandiaga Uno

Sandiaga Uno
Sumber :
  • IG @sandiuno

VIVA – Beberapa waktu lalu Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia, Sandiaga Uno mencuri perhatian lewat pakaian yang dikenakan. Sandiaga Uno mengenakan busana yang unik dan berbeda. Ia memakai kemeja dengan motif penuh makanan Nusantara.

Tanggapan Indonesia Halal Watch Atas Penundaan Pemberlakuan Kewajiban Sertifikasi Halal

"Dengan mengenakan baju dari brand karya anak bangsa @telusurkultur, saya menyampaikan harapan besar supaya para pelaku UMKM di sektor ekonomi kreatif dapat memanfaatkan momentum kebangkitan ekonomi ini untuk mengambil peluang usaha dan peluang kerja sebanyak-banyaknya," tulis Sandy dalam akun Instagramnya.

Telusur Kultur merupakan brand lokal asal Jakarta yang konsisten menjual kemeja dengan ilustrasi budaya-budaya Indonesia. Kemeja buatan tersebut sempat viral dipakai olah berbagai kalangan mulai dari pejabat, artis hingga penggiat industri kreatif.

Maknai Harkitnas, Pertamina Berikan Kado Terbaik untuk Kebangkitan UMKM di Indonesia

Hal ini menunjukkan produk buatan mereka mendapat respon baik dari masyarakat Indonesia yang mempunyai semangat yang sama untuk menjadi bagian dari identitas Indonesia.

Masih Sering Khilaf Doyan Mie Instan, Kebiasaan dr Zaidul Akbar Terungkap

"Dengan suka cita Telusur Kultur membawa nuansa khas Indonesia, untuk mengenal kembali akan sejarah dan kebudayaan Indonesia. Seperti koleksi ini, bermula dari kecintaan pada kekayaan kuliner Indonesia, kami keluarkan koleksi kemeja dengan ilustrasi makanan Nusantara yang juga membantu UMKM penjual makanan tradisional," ujar Renaldi dari Telusur Kultur.

Melihat peluang bagus, brand itu kemudian meluncurkan koleksi terbaru mereka. Lewat Koleksi Asa dan Rasa, mereka menciptakan dua jenis kemeja penuh ilustrasi yang menggambarkan keberagaman budaya di Indonesia.

Mulai dari kemeja Manusia Indonesia yang berisi tokoh-tokoh penting di Indonesia, dan ada kemeja Rasa Nusantara yang menarik karena mengangkat tema makanan tradisional Indonesia. Ternyata ada alasan tersendiri mengapa Renaldi dan tim, memutuskan untuk mengangkat makanan Indonesia sebagai desain kemeja.

"Makanan Indonesia itu sebenarnya harta karun ya menurut kami. Kita mungkin merasa biasa biasa saja karena setiap hari kita konsumsi, jadi menurut kita itu topik menarik untuk kita olah. Sekaligus sebagai pengingat untuk kita semua, kalau kita beruntung banget jadi orang Indonesia yang makanan nya enak semua," kata Renaldi.

Di dalam kemeja Rasa Nusantara ada banyak ilustrasi makanan yang digunakan. Mulai dari sate, lontong, gulai, opor, jajanan pasar dan masih banyak lagi. Tidak ada spesifikasi khusus dalam pemilihan makanan tersebut. Mereka fokus mengangkat kuliner tradisional yang menggambarkan Nusantara.

"Enggak ada spesifikasi yang baku sih dalam pemilihan jenis makanannya. Indikator yang kita gunakan adalah, saat kita lihat ilustrasi makanannya apa ada perasaan bahagia yang timbul atau tidak. Kalau ada kita lanjut untuk produksi," kata Renaldi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya