Apa Manfaat Hair Tonic dan Bagaimana Cara Pemakaiannya?

Ilustrasi rambut/wanita.
Ilustrasi rambut/wanita.
Sumber :
  • Freepik/master1305

VIVA LifestyleHair tonic adalah produk perawatan rambut yang telah diciptakan sejak lama. Produk berbasis alkohol ini sangat populer di era 1940-an dan 50-an.

Nah, belakangan ini popularitas hair tonic sedang meningkat lagi karena manfaatnya yang luar biasa, yakni menjaga kulit kepala tetap sehat dan menambah kilau pada rambut yang kusam.

Jika dulu hair tonic biasa digunakan oleh pria, kini banyak tersedia produk hair tonic untuk kaum hawa. Ini karena semakin banyak wanita yang juga menyadari manfaat menggunakan hair tonic ini dalam ritual perawatan rambut.

Apa itu hair tonic?

Ilustrasi rambut.

Ilustrasi rambut.

Photo :
  • Freepik/master1305

Dilansir dari laman Hairstyle Camp, Minggu, 26 Juni 2022, hair tonic atau tonik rambut adalah pelembab rambut cair yang biasanya (tidak selalu) mengandung minyak ringan atau minyak bumi cair. Alkohol, witch hazel, atau astringen lainnya biasanya ditambahkan, yang mencegah minyak membebani rambut seperti jenis krim penata rambut, lilin dan gel lainnya.

Produk ini seringkali memiliki aroma yang ringan dan menyegarkan. Hal ini karena di masa lalu, khususnya di negara-negara yang memiliki musim dingin, pria jarang keramas secara rutin, jadi hair tonic membantu membuat rambut mereka tetap segar dan terlihat bagus sepanjang hari.