Soal Wacana Citayam Fashion Week Pindah Lokasi, Ini Kata Polisi

Rina Nose di Citayam Fashion Week
Sumber :
  • TikTok @nurrisqan

VIVA Lifestyle – Kapolres Metro Jakarta Pusat, Kombes Pol Komarudin mengatakan dirinya sempat memberikan sejumlah usulan terkait pemindahan Citayam Fashion Week ke lokasi lain yang lebih baik. Salah satunya agar ajang itu digelar saat momen car free day (CFD).

Asyik! Tarif Promo LRT Jabodebek Diperpanjang Sampai 31 Maret 2024

Untuk diketahui, ajang Citayam Fashion Week diselenggarakan di kawasan Dukuh Atas tepatnya di zebra cross yang berada di samping All Season Hotel. Penyelenggaraan fashion show di tengah jalan ini membuat arus lalu lintas tersendat. 

"Seperti yang sudah disampaikan Bapak Wakil Gubernur, yang menyarankan ada beberapa titik contohnya di Sarinah, di selatan Monas kan ada space yang memungkinkan. Saya juga pernah menawarkan kalau aktivitas di jalan itu lebih baik menggunakan sarana car free day," ujar Komarudin saat dikonfirmasi, Senin, 25 Juli 2022.

LRT Jabodebek to Add More Daily Trips: Here's the Latest Update

Lebih lanjut, Komarudin menyebut usulan tersebut sudah disampaikan ke Wakil Walikota Jakarta Pusat, Irwandi. Katanya, pemerintah daerah dan kepolisian siap untuk mendukung ajang Citayam Fashion Week tersebut selama tidak berdampak pada ketertiban umum.

Citayam Fashion Week

Photo :
  • Instagram
LRT Jabodebek Tambah Jumlah Perjalanan Jadi 202 Per Hari, Catat Jadwal Terbarunya

"Kami menyampaikan dalam diskusi dengan wakil walikota. Beliau-beliau support untuk menyiapkan fasilitas karena banyak tempat yang bisa digunakan," bebernya.

Jika usulan itu ditolak dan Citayam Fashion Week tetap diselenggarakan di zebra cross kawasan Dukuh Atas, Komarudin berharap ada satu aturan yang mengatur kegiatan tersebut. Salah satunya peraturan daerah (perda) untuk penutupan jalan.

"Kita menyatakan kalau memang itu (fashion show) diizinkan ya mungkin bisa dibuat perda jalan, sehingga kita tutup aja sekalian," ungkapnya. 

"Kalau jalan ditutup, kita sosialisasikan ke masyarakat. Tinggal bagaimana nanti orang di sekitar situ mau atau enggak jalan ditutup. Ini semua harus dikoordinasikan agar semua pihak terlayani," tukas Komarudin.

Potret Citayam Fashion Week yang makin ramai.

Photo :
  • VIVA/Riyan Rizky

Sebelumnya, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mengungkapkan rencana untuk merelokasi atau mencarikan tempat baru yang dapat digunakan untuk nongkrong dan kegiatan fashion show para remaja di kawasan Dukuh Atas. 

Hal ini dikarenakan fasilitas umum seperti jalan raya dan zebra cross di kawasan tersebut tidak digunakan sesuai peruntukannya. Bahkan, trotoar dan jalur sepeda yang ada di sekitar Dukuh Atas juga dijadikan lokasi parkir liar oleh sejumlah pihak. 

"Motor-motor yang di parkir di atas trotoar sehingga mengganggu orang jalan, kemudian jalur sepeda juga dipakai untuk motor-motor sehingga ini sangat mengganggu. Nanti kita carikan tempat yang baik," ujar Wakil Gubernur DKI Jakarta, Riza Patria di kawasan Dukuh Atas, Sabtu, 23 Juli 2022.

Wagub DKI Riza Patria di Dukuh Atas.

Photo :
  • VIVA/Yeni Lestari

Lebih lanjut, Riza mengatakan terdapat beberapa lokasi yang dapat menjadi pilihan relokasi kegiatan remaja di kawasan Dukuh Atas. Lokasi tersebut di antaranya, Monumen Nasional (Monas), Plaza Senayan, Pelataran Sarinah, hingga Taman Ismail Marzuki (TIM).

"Tadi ada usulan, umpamanya di Monas bisa, di Senayan bisa, di TIM juga usulan dari teman-teman DPRD, tadi juga ada usulan di Pelataran Sarinah. Dengan demikian, kita akan carikan tempat yang terbaik sebagai solusi," ungkapnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya