Potret Baju Adat yang Digunakan Jokowi dari Tahun ke Tahun

Baju adat yang digunakan Jokowi dari tahun ke tahun
Sumber :

VIVA Lifestyle –  Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo memang salah satu pemimpin negara yang tampak sering menggunakan baju adat Indonesia. Tampak hari ini, pada Selasa, 16 Agustus 2022, Jokowi kembali terlihat mengenakan baju adat daerah saat menghadiri saat menyampaikan pidato kenegaraan dan keterangan pemerintah terkait RUU APBN 2023 dan Nota Keuangan dalam Rapat Tahunan MPR dan Rapat Bersama DPR & DPD RI.

Ajak 38 DPW PAN ke Istana, Zulhas Tak Bahas Kabinet dengan Jokowi

Apalagi, sejak menjabat menjadi Presiden RI, Jokowi memulai "tradisi" untuk mengenakan baju adat di acara kenegaraan, yang mana presiden-presiden sebelumnya selalu mengenakan setelan jas formal. 

Berikut baju adat yang digunakan Jokowi dari tahun ke tahun :

Soal Peluang Ajak Jokowi Gabung ke PAN, Zulhas Berkelakar: Pak Jokowi Owner 

2019 - Baju Adat Suku Sasak dari NTB

Jokowi gunakan baju adat dari NTB pada 2019

Photo :
  • reuters
Loyalis Jokowi Respons Elite PDIP soal Abuse Of Power: Berlebihan

Pada tahun "pertama", pada tanggal 16 Agustus 2019 lalu, Jokowi memilih menggunakan baju adat Suku Sasak yang berasal dari Nusa Tenggara Barat (NTB). 

Pakaian adat pria ini disebut dengan Pegon. Pegon yang berbentuk seperti jas memiliki akulturasi dan pengaruh dari tradisi Jawa dan jas Eropa. Percampuran ini dianggap sebagai lambang keagungan dan kesopanan. 

2020 - Baju Adat Suku Sabu dari NTT

Presiden Jokowi mengenakan Baju Adat Sabu dari Nusa Tenggara Timur saat menghadiri Sidang Tahunan MPR,DPD, dan DPR di Senayan Jakarta 14 Agustus 2020. (Foto ilustrasi)

Photo :
  • ANTARA FOTO/Galih Pradipta

Berlanjut pada tahun 2020, Jokowi menggunakan pakaian adat dari Nusa Tenggara Timur yang berasal dari suku Sabu. Suku Sabu merupakan salah satu kelompok etnis masyarakat yang mendiami Pulau Sawu dan Pulau Raijua di NTT.

Baju yang ka kenakan terdiri dari kemeja lengan panjang berwarna hitam, kain selempang yang bersilang dengan corak bunga berwarna emas, dan tentu dilengkapi dengan ikat kepala bercorak serupa. 

2021 - Baju Adat Suku Baduy dari Banten

Presiden Jokowi menghadiri sidang tahunan MPR RI pada HUT RI ke 76 pada tahun 2021 lalu.

Photo :
  • YouTube Sekretariat Presiden

Di tahun 2021, Jokowi memilih pakaian adat dari Banten yaitu dari suku Baduy. Presiden tampak memakai telekung, baju kutung, dan tas selempang. Telekung adalah ikat kepala, biasa disebut dengan 'koncer' atau 'roma'. Ikat kepala ini merupakan hasil tenun masyarakat Baduy. 

Kutung adalah baju putih berlengan panjang tanpa kerah, juga disebut 'jamang sangsang'. Namun, yang dipakai Jokowi adalah baju berwarna biru dongker lengkap dengan tas selempang rajut cokelat dan pin merah putih di bagian dada kiri.

2022 - Baju Adat Suku Paksian dari Bangka Belitung

Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Jokowi saat sidang tahunan MPR 2022

Photo :
  • Instagram ANTARA/Foto: Laila Rochev - Biro Pers Sekretariat Presiden

Nah, yang terbaru pada 2022, Jokowi menggunakan pakaian adat dari Bangka Belitung dari suku Paksian. 

Baju Paksian terdiri dari jubah panjang sebatas betis, celana panjang, selempang dan kain tenun cual dengan motif khas Bangka. Sedangkan untuk penutup kepala dipakaikan sungkon. Pada baju terdapat ornamen hiasan bermotif Pucuk Rebung, yang melambangkan kerukunan. Jokowi mengenakan baju Paksian berwarna hijau lumut, yang mengandung filosofi kesejukan, harapan dan pertumbuhan. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya