Jakarta Fashion Week 2023 Akan Hadir di Metaverse

Jakarta Fashion Week 2023
Sumber :
  • VIVA.co.id/Rizkya Fajarani

VIVA Lifestyle – Kecanggihan teknologi di era modern saat ini berpengaruh terhadap berbagai sektor bisnis termasuk bagi para pelaku fashion. Perhelatan Jakarta Fashion Week 2023 yang telah dirindukan oleh para Fashionista, akan segera diadakan secara offline pada 24-30 Oktober 2023.

Jakarta Audio Video Music Expo (JAVME) 2024 Akan Hadir di Kemayoran, Catat Tanggalnya!

JFW kali ini akan memanfaatkan metaverse untuk menarik lebih banyak pengunjung yang tidak bisa hadir secara langsung ke lokasi acara yaitu Pondok Indah Mall III. Yuk scroll untuk selengkapnya.

JFW 2023 berkolaborasi dengan WIR Group yang merupakan perusahaan teknologi berbasis Augmented Reality (AR), Virtual Reality (VR) dan Artificial Intelligence (AI). JFW akan hadir di Nusameta yang merupakan ekosistem metaverse Indonesia.

Banyak Pilihan Inovasi Generative AI NVidia

"Kami menyambut baik kerja sama ini terutama agar masyarakat dapat melihat secara langsung manfaat lebih lanjut dari metaverse dalam industri kreatif seperti fesyen," kata Chief Marketing and Sales Officer WIR Group Gupta Sitorus dalam konferensi pers di Jakarta, Selasa 11 Oktober 2022.

Hadirnya Nusameta akan memfasilitasi para pegiat mode untuk merasakan pengalaman berinteraksi dengan pengunjung lainnya secara virtual di acara JFW 2022.

Dongkrak Industri Kreatif, Sandiaga Uno Dorong Sinergi Pemerintah dan Pelaku Usaha

"Ini bisa mengakomodasi 1000 penonton yang (bisa) berinteraksi," ujar Gupta.

Melalui dunia metaverse yang saat ini sedang tahap perancangan itu, para pengunjung akan hadir dalam bentuk avatar dan bisa melakukan berbagai kegiatan layaknya di dunia nyata, seperti berbincang, bermain, hingga menonton acara fashion show di JFW 2023 secara digital.

Keunikan yang sekaligus menjadi tantangan bagi Gupta dalam menciptakan metaverse JFW kali ini adalah ia harus bisa membuat segala aspek di dalamnya terlihat nyata, seperti bentuk pakaian serta bahan yang digunakannya.

"Misalnya sutra, cotton, atau apapun fabricnya akan berbeda flownya kalau kena angin. Itu yang menjadi tantangan juga bagi kami di back-end untuk mengerti logika flow nya fabric," kata Gupta.

Menurut Gupta, dunia metaverse akan menjadi peluang yang bagus dalam sektor ekonomi bagi para pekerja kreatif termasuk perancang mode. 

"Saya harap ini jadi titik awal metaverse menjadi ekonomi baru dan ajang berkarya para pelaku kreatif," ujar Gupta.

Jakarta Fashion Week 2023 akan berlangsung di Pondok Indah Mall III, Jakarta, pada 24–30 Oktober 2022. Akan ada 34 show dari setidaknya 116 label dan perancang mode, baik nasional maupun internasional.

Setiap harinya akan ada lima sesi peragaan busana yang dimulai pada pukul 13.00 WIB hingga 21.00 WIB yang juga bisa disaksikan secara livestream.

Rangkaian pertunjukan JFW 2023 akan ditutup dengan gelaran Dewi Fashion Knights (DFK) yang ikonik. Tahun ini akan hadir dalam format baru, menampilkan DFK kategori luxe ready to wear dan DFK kategori adibusana atau couture.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya