Tolak Pakai Bikini di Miss Universe, Penampilan Tertutup Miss Bahrain Jadi Sorotan

Miss Bahrain, Evlin Khalifa
Sumber :
  • Instagram evlin_khalifa.

VIVA LifestyleMiss Bahrain Evlin Khalifa mempertegas pernyataannya sembari merepresentasikan diri dengan memakai burkini di ajang kecantikan Miss Universe pada Rabu, 11 Januari 2023. Pemilihannya menentang untuk tak tampil dalam balutan pakaian renang, membuat Khalifa menjadi sorotan para penonton dunia.

Pakai Bikini Bentuk Alat Kelamin Dijahit, Julia Fox Dikecam

Dikutip laman The National News, delegasi dari 86 negara mengambil bagian dalam kompetisi global dalam ajang kecantikan Miss Universe ke-71 di New Orleans, Amerika Serikat. Kompetisi kali ini akan memahkotai para pemenang pada Sabtu atau Minggu malam waktu Indonesia, di mana kontes tahunan itu ditunda tahun lalu untuk menghindari bentrok dengan Piala Dunia FIFA. Scroll untuk info selengkapnya.

Elvin Khalifa, yang dinobatkan sebagai Miss Bahrain 2022 pada bulan September lalu, menjadi wanita kedua dari negaranya yang ambil bagian dalam kontes tersebut. Dia tampil mencolok dalam balutan burkini merah muda selama putaran baju renang.

Miss Universe Bantah Perwakilan Arab Saudi Ikut Serta dalam Ajang Tahunan

"Wanita Arab harus diwakili. Wanita Muslim juga bisa menjadi Miss Universe," ujarnya seraya menyesuaikan dengan jubahnya, dikutip VIVA.

Pihak Miss Universe Bantah Adanya Perwakilan Arab Saudi

Khalifa juga menyebutkan mengenai konsep kesetaraan yang ditulis dalam bahasa Arab. Sebagai bagian dari kompetisi pendahuluan, kontestan tidak diwajibkan untuk mengenakan apa pun yang terbuka selama babak pakaian renang jika mereka menginginkannya. 

Kompetisi penyisihan, yang juga meliputi babak gaun malam, akan menentukan kontestan mana yang lolos ke semifinal. Nama-nama semifinalis akan diumumkan pada malam penobatan Miss Universe. Sementara kompetisi kostum nasional bakal diadakan secara terpisah, yaitu pada Rabu malam.

"Ada banyak faktor mengapa saya memutuskan untuk berkompetisi di kompetisi terhebat dari jenisnya, Miss Universe, tapi salah satu alasan utama adalah mematahkan stereotip," kata Khalifa kepada The National setelah kompetisi pendahuluan. 

"Wanita Arab itu baik, bersemangat dan berani dan mereka siap menghadapi tantangan hidup. Mereka bisa menjadi ratu kecantikan dalam kesopanan dan bisa bersinar dalam arak-arakan modern," kata dia.

Untuk kompetisi gaun malam, Khalifa mengenakan gaun perak berkilauan, lengkap dengan penutup kepala, karya desainer Filipina Furne One, yang label Amato-nya berkantor pusat di Dubai.

Dara 24 tahun itu lahir dari ayah keturunan Bahrain dan ibu asal Rusia. Dia adalah seorang pianis terlatih dan telah mengambil kursus menari dan taekwondo. Ia memiliki semangat tentang pendidikan dan percaya tidak ada kata terlambat untuk mempelajari sesuatu yang baru dalam hidup.

Lulus di bidang keuangan dan perbankan, dia mengikuti kelas online untuk menguasai keterampilan bahasa Arab dan Inggris, serta psikologi. Dia juga telah melakukan beberapa pekerjaan modeling profesional, dan telah muncul dalam iklan makeup untuk Dior.

Khalifa juga menyuarakan tentang anoreksia, setelah didiagnosis mengidapnya. Dia ingin menyebarkan kesadaran dan memulai percakapan tentang gangguan makan itu, menjalani gaya hidup sehat dan kesejahteraan.

Pada kontes Miss Universe 2021, Manar Nadeem Deyani membuat sejarah dengan menjadi wanita pertama dari Bahrain yang berkompetisi dan berjalan di babak baju renang dengan pakaian yang tertutup rapat, alih-alih memakai bikini

Menjelang perjalanannya ke New Orleans, penerus Deyani, Khalifa, juga mengatakan dia akan berpakaian sopan dan yang terpenting, keputusannya didukung penuh oleh Organisasi Miss Universe.

“Untungnya, organisasi Miss Universe menghormati tradisi dan budaya kami. Jadi tentu saja, mereka mengizinkan kami untuk ditutupi atau tidak, yang sangat saya hormati tentang organisasi ini," katanya kepada The National sebelumnya.

"Jadi, saya akan melakukannya mengenakan burkini. Saya menghormati semua gadis yang memakai bikini, tapi saya ingin menunjukkan kepada dunia bahwa wanita yang tertutup juga bisa cantik,” sambungnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya