3 Cara Atasi Kulit Bergelambir Setelah Diet, Nomor 1 Penting Banget

Lemak berlebih di perut indikasi obesitas.
Sumber :
  • Unsplash

VIVA Lifestyle – Memiliki tubuh ideal menjadi keinginan banyak orang. Banyak upaya dilakukan untuk bisa memiliki bentuk tubuh dan berat badan yang ideal salah satunya dengan diet. Namun, perubahan kondisi tubuh dari gemuk menjadi kurus rupanya menimbulkan efek samping yang terlihat dengan jelas.

5 Manfaat Luar Biasa Alpukat untuk Kesehatan Kulit Wajah, Bisa Cegah Penuaan Dini

Salah satu masalah yang kerap muncul setelah seseorang berhasil mengembalikan berat tubuhnya ke berat tubuh yang ideal melalui program diet adalah munculnya gelambir. Hal ini tidak dapat dipungkiri dapat menimbulkan rasa tidak nyaman dan mengganggu penampilan. Sebenarnya, apa penyebab munculnya gelambir setelah penurunan berat tubuh? Yuk, scroll untuk tahu jawabannya.

Munculnya gelambir ini berhubungan dengan elastisitas kulit. Pada dasarnya, lapisan terdalam kulit mengandung banyak jenis protein, termasuk kolagen yang berfungsi untuk mengencangkan dan menguatkan kulit, serta elastin yang berfungsi untuk menjaga elastisitas kulit dan menjaga kekencangannya. 

3 Skincare Ini Jadi Paling Diandalkan oleh Penggunanya

ilustrasi perut rata, perut buncit, diet

Photo :
  • Pixabay/ Public Domain Pictures

Saat berat tubuh bertambah, kulit akan meregang untuk memberikan ruang pada penambahan berat tubuh tersebut. Apabila peregangan kulit ini berlangsung dalam waktu yang lama, maka kondisi ini akan merusak serat kolagen dan elastin kulit. Maka dari itu, ketika terjadi penurunan berat tubuh, kulit yang telah meregang tidak dapat kembali ke kondisi semula sehingga muncullah gelambir.

Direkomendasikan oleh IDI, Apa Sih Physical Sunscreen Itu?

Kondisi ini memang sulit untuk dihindari, tetapi ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut. Berikut ini adalah tiga cara mengatasi gelambir yang muncul setelah diet, menurut siaran resmi dari Thermyte Plus, dikutip Minggu, 15 Januari 2023.

1. Latihan fisik secara teratur
Latihan fisik atau olahraga dengan melakukan gerakan kardio, ketahanan, dan kekuatan dapat membantu meningkatkan massa otot. Latihan fisik harus dilakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Seiring berjalannya waktu, peningkatan massa otot ini dapat membantu memperbaiki kulit yang bergelambir walaupun dibutuhkan waktu yang lama. Dengan kata lain, latihan fisik dapat membantu mengencangkan kembali kulit yang kendur akibat diet.

2. Konsumsi kolagen
Menjaga elastisitas kulit tentunya berkaitan dengan kolagen dalam tubuh. Maka dari itu, untuk memiliki kulit yang sehat dan kencang, mengonsumsi kolagen sesuai anjuran dokter sangat disarankan. Kulit yang bergelambir juga bisa teratasi dengan mengonsumsi kolagen secara teratur, sebab kandungan tersebut akan meningkatkan elastisitas serta kekencangan kulit.

Ilustrasi suplemen.

Photo :
  • Pixabay/Steve Buissinne

3. Konsumsi suplemen untuk kulit
Kulit yang sehat bisa didapatkan dari berbagai kandungan vitamin yang masuk ke dalam tubuh. Salah satunya yang bisa membantu mengatasi kulit bergelambir akibat diet adalah dengan mengonsumsi suplemen vitamin untuk kulit yang terbuat dari bahan-bahan herbal. Seperti kandungan Bladderwrack dan Coleus yang bermanfaat untuk mengencangkan tubuh sehingga mengatasi masalah kulit bergelambir.

Selain Bladderwrack dan Coleus, beberapa kandungan dalam suplemen herbal juga mampu mengatasi kulit bergelambir, seperti Guarana untuk membakar lemak tubuh menjadi tenaga, Bitter Orange dan Grapefruit yang bermanfaat untuk menghambat nafsu makan, serta Garcinia dan L-tyrosin yang bermanfaat menghambat penyerapan lemak.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya