Desainer Indonesia Lenny Hartono Sukses Pamer Karya di NYFW 2023, Ini Kisah Inspiratifnya

Lenny Hartono.
Sumber :
  • ist

VIVA Lifestyle – Sekolah hanya sampai kelas 1 SMP, dibuang orangtua yang tidak menghendaki kehadirannya, di-bully karena mata sipit, tidak menjadi penghalang bagi Lenny Hartono untuk maju. Lewat semangat membara, kerja keras dan mengandalkan Tuhan, desainer yang belajar sendiri alias otodidak itu nyatanya bisa tampil di salah satu ajang mode terbesar di dunia yakni New York Fashion Week (NYFW).

Sosok Qin Huilan, Wanita 70 Tahun yang Jadi Bintang Catwalk di Paris Fashion Week

“Kata orang, kalau sudah bisa tampil NYFW itu sudah merupakan salah satu pencapaian tertinggi seorang fashion designer. Jadi saya sangat bersemangat. Saya tidak malu mengakui, ayah-ibu saya orang susah, tapi anak banyak, sampai saya dibuang dan diasuh keluarga lain,” kata Lenny dalam keterangan tertulis yang diterima VIVA.

Lenny terpaksa berhenti sekolah karena orangtua asuhnya kekurangan biaya. Tapi saat itu, ia tidak patah semangat dan tidak menyerah untuk terus berusaha dan bekerja demi mendapat uang secara halal.

Bukan Cuma Rancang Busana, IFPC Lahirkan Pengusaha Mode Muda Indonesia

Koleksi Lenny Hartono.

Photo :
  • ist

"Dari situ saya belajar berusaha sendiri, jadi apa saja asal dapat uang, tapi saya tetap memegang prinsip mencari uang halal,” kata Lenny yang sempat bekerja menjadi sales promotion girl (SPG).

Berkembang Pesat, Modest Fashion Indonesia Sudah Pantas Jadi Kiblat Fesyen Dunia?

Melalui perjalanan hidup yang banyak tidak enaknya, Lenny terbentuk menjadi sebuah pribadi yang kokoh. Sampai ketika memutuskan pindah ke Bali dalam status single parent, Lenny kemudian menemukan peluang menjadi pengrajin perak dan selanjutnya menjadi pengusaha perhiasan perak Bali.

Tanpa direncanakan, Lenny lalu menekuni dunia fashion sebagai perancang busana.

"Bermula dari anak perempuan saya, Bintang, yang sedang les modeling tapi sering kesulitan menemukan pakaian yang pas, saya lalu mencoba bikin baju untk Bintang. Ternyata bagus. Orangtua dari temen-teman Bintang lalu memesan baku ke saya untuk anak-anak mereka,” kisah Lenny.

Menyadari bakat alaminya itu, Lenny Hartono kemudian mengembangkannya dengan merancang busana-busana dalam skala lebih banyak. Pembelinya bukan hanya orangtua teman-teman Bintang, tapi sudah meluas ke khalayak. Maka terciptalah brand Lenny Hartono Jewelry & Lifestyle.

Pada tanggal 13 Februari 2023 lalu, bertempat di Spring Studios di New York City, AS, Lenny Hartono dan enam desainer Indonesia lainnya menampilkan karya-karya busana terbaik mereka di New York Fashion Week (NYFW) 2023.

Lenny Hartono.

Photo :
  • ist

Bagi Lenny Hartono, NYFW merupakan ajang yang diimpikan. Dengan segala kreativitasnya, Lenny berusaha mempersembahkan karya terbaik agar bisa menembus pasar Amerika Serikat. Lenny tak mau menyia-nyiakan kesempatan di NYFW 2023. 

“Enaknya, rancangan-rancangan kami masing-masing memiliki ciri tersendiri. Saya misalnya, dengan kain tenun songket Bali, sementara desainer lainnya dengan batik. Jadi, bisa berbagi pelanggan atau buyer,” tutur Lenny.

Bagi Lenny, bisa tampil di NYFW merupakan pencapaian tertinggi selama dua tahun kariernya sebagai desainer. “Bisa ke New York Fashion Week, rasanya seperti mimpi,” kata Lenny 

“Satu lagi yang membahagiakan saya, Ketua DPR RI, Ibu Puan Maharani, memasang foto karya-karya saya pada profil foto media sosial beliau dengan tajuk ‘Indonesia di Panggung Dunia’. Saya bahagia sekali,” tambah Lenny sumringah.

Kehadiran Lenny Hartono dalam NYFW 2023 yang tidak pernah belajar merancang busana secara formal, patut mendapat perhatian khusus mengingat perjalanan karier perempuan setengah baya itu dalam dunia fashion design terbilang bagai meteor. Baru dua tahun menggeluti bidang ini, ia sudah menorehkan berbagai prestasi gemilang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya