MUFFEST+ 2023 akan Tawarkan Hal Baru Bagi Penontonnya

MUFFEST + (Muslim Fashion Festival) 2023
Sumber :
  • ist

VIVA Lifestyle – Perhelatan fesyen muslim tahunan terbesar di Indonesia, Muslim Fashion Festival (MUFFEST)+ akan digelar untuk kedelapan kalinya. Tahun ini, MUFFEST+ bersinergi dengan Indonesia International Modest Fashion Festival (IN2MOTIONFEST) untuk mengakselerasi terwujudnya Indonesia sebagai pusat fesyen muslim dunia. MUFFEST+ Road to IN2MOTIONFEST 2023 dipersembahkan oleh Indonesian Fashion Chamber (IFC) bersama Bank Indonesia dan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop UKM) serta didukung penyelenggaraannya oleh Ditali Cipta Kreatif. 

No Place to Pray for Muslim Workers in This Italian City

Akan ada beberapa kesitimewaan dan tawaran baru dalam gelaran tersebut. Apa saja? Scroll selanjutnya ya.

Keistimewaan MUFFEST+ Road to IN2MOTIONFEST tahun ini adalah turut menampilkan koleksi yang mengangkat konsep modest wear, yaitu fesyen yang lebih inklusif bagi semua orang yang ingin bergaya modest, sebagai proses menuju kesesuaian dengan kaidah busana muslim, sekaligus sesuai kebutuhan pasar global. Sejalan dengan kiprah modest wear Indonesia di kancah global, perhelatan ini menghadirkan 8 international guest designers dari negara-negara tetangga, yakni Singapura, Laos, Kamboja, Brunei dan Thailand atas dukungan ASEAN Fashion Designers Showcase (AFDS). 

Ustaz Adi Hidayat Larang Penggunaan Sajadah Empuk Saat Salat, Ini Alasannya

MUFFEST+ Road to IN2MOTIONFEST 2023 akan menghadirkan produk fesyen muslim Indonesia dengan menerapkan konsep sustainability dan mengoptimalkan pemanfaatan kekuatan sumber daya lokal, guna menggerakkan perekonomian lokal, di antaranya pemakaian wastra Nusantara sebagai keunggulan yang membedakan produk fesyen muslim Indonesia dengan negara lainnya untuk berkiprah di pasar global.

Miris, Umat Muslim di Kota Monfalcone Italia Dilarang Salat Karena Aturan Baru

“Kehadiran MUFFEST+ ditujukan sebagai wadah pengembangan kreativitas dan inovasi dalam industri fesyen muslim untuk menawarkan gaya fesyen muslim yang khas Indonesia sebagai gaya hidup yang baru dan berhasil menarik perhatian dunia. Kami berharap MUFFEST+ dapat memperkuat posisi dan citra positif fesyen muslim Indonesia di mata dunia. Melalui MUFFEST+, Indonesia dapat menunjukkan kepada dunia bahwa gaya fesyen muslim Indonesia memiliki potensi untuk berkembang secara global,” kata Ali Charisma, National Chairman Indonesian Fashion Chamber (IFC) melalui keterangan tertulisnya.

MUFFEST+ 2023 Road to IN2MOTIONFEST akan menampilkan koleksi dari 64 brand yang merupakan anggota Industri Kreatif Syariah (IKRA) Indonesia dan UMKM binaan Bank Indonesia. IN2MOTIONFEST 2023 akan diselenggarakan pada 25-29 Oktober 2023 di JCC Jakarta.  

MUFFEST + (Muslim Fashion Festival) 2023

Photo :
  • ist

Selain itu, ada konsep See Now Buy Now merupakan tawaran baru di gelaran MUFFEST+ Road to IN2MOTIONFEST yang mengkampanyekan cara baru bagi penonton fashion show agar mendapatkan akses langsung secara digital untuk membeli koleksi runway dari desainer yang telah siap dengan sistem SNBN, segera setelah show selesai. Kampanye movement Sarong is My New Style tentunya kembali digaungkan dalam MUFFEST+ 2023 untuk memberikan inspirasi gaya berpakaian Timur seperti memakai sarung sebagai suatu gaya baru yang mengglobal. 

Keseluruhan koleksi yang ditampilkan dalam MUFFEST+ 2023 meliputi ragam gaya busana muslim mulai dari konvensional, kontemporer, hingga syar’i, antara lain karya dari desainer dan brand kenamaan Indonesia, yaitu Itang Yunasz, Deden Siswanto, Sofie, Hannie Hananto, TutyAdib, Irna La Perle, Nuniek Mawardi, Monika Jufry, Ina Priyono, Rya Baraba, Kursien Karzai, AM by Anggiasari, Neera Alatas, Rosie Rahmadi, Najua Yanti, Opie Ovie, Irmasari Joedawinata, Novita Yunus, Barli Asmara, Dian Pelangi, Nada Puspita, Restu Anggraini, Jenahara, Buttonscarves, Jenna&Kaia, Benang Jarum, kami., ZM Zaskia Mecca, Artkea Stripes & IKYK, Èl Abrar by Mihalul Abrar, Brilianto, MUDA, Zeta Privé, HijabChic, Aleza, Nadjani, Geulis, Aleabe Collection by Melly Goeslaw, Funky Kebaya, Roemah Kebaya Vielga, BT Batik Trusmi, dan NBRS. 

“Upaya yang dilakukan Kemenkop UKM dalam pengembangan UMKM sektor tekstil dan fesyen adalah menggiatkan pemasaran untuk memperluas pasar UMKM, salah satunya memfasilitasi UMKM untuk berpameran di MUFFEST+ Road to IN2MOTIONFEST. Kemenkop UKM juga mendirikan rumah produksi bersama untuk mendorong pengembangan UMKM. Semoga perhelatan ini terus berkelanjutan dan berkesinambungan untuk memperkuat UMKM yang siap masuk pasar internasional,” ujar Ira Dunggio, Ahli Muda Bidang Perluasan Pasar Kemenkop UKM.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya