3 Tips Pilih Mukena agar Nyaman Beribadah, Nomor Dua Sering Dilupakan

Pedagang sedang menata mukena.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Irwansyah Putra

JAKARTA – Mukena, sebagai salah satu perlengkapan penting dalam ibadah salat bagi para muslimah, telah menjadi bagian tak terpisahkan dalam kehidupan sehari-hari. 

Aturan Baru, Arab Saudi Izinkan Semua Jenis Visa Bisa Ibadah Umrah

Namun, dalam memilih mukena yang tepat, seringkali kita dihadapkan dengan pilihan yang rumit dan harga yang tidak terjangkau. Terlebih, jika mukena yang dipilih ternyata tidak nyaman saat dipakai. 

Berikut beberapa tips memilih mukena yang berkualitas, agar ibadahmu semakin khusyuk, dikutip dari berbagai sumber. 

Hattrick! Pendeta Gilbert Dilaporkan Lagi soal Penistaan Agama ke Polda Metro

Pilih bahan yang nyaman
Pilihlah mukena dengan bahan yang lembut, namun tidak terlalu tebal atau pun transparan. Beberapa bahan yang dikenal nyaman untuk dikenakan antara lain, katun, sutra, spandek, dan rayon. Tidak hanya halus, bahan-bahan tersebut juga ringan dan adem saat digunakan. 

Aplikasi Ini Bisa Ubah Sudut Kosong Jadi Ruang Bermakna

Ukuran mukena harus tepat
Ukuran tak kalah penting untuk menunjang kenyamanan saat mengenakan mukena ketika beribadah. Pastikan kamu memilih ukuran mukena yang pas dengan tubuh agar bisa beribadah dengan nyaman. 

Tak sedikit, mukena yang dibuat dengan ukuran all size. Sebenarnya, ini bukanlah ukuran yang baik untuk digunakan, karena ukuran tubuh setiap orang berbeda-beda. Cobalah memilih mukena yang menyediakan ukuran dan pilih yang pas dengan badanmu. 

Pilih model sesuai kebutuhan
Mukena dibuat dengan model yang beragam. Ada yang konvensional, dengan model atas dan bawah, terusan menyerupai gamis, dan ada juga model mukena tanpa bagian penutup kepala. Apapun modelnya, pastikan pilih yang sesuai kebutuhan dan selera. 

Devina Limanjaya, founder Belimukena, mengatakan, setiap muslim tentu ingin melaksanakan ibadah salat dengan lancar tanpa harus mencemaskan banyak hal. Kualitas dan kenyamanan jadi bahan pertimbangan penting dalam memilih produk mukena karena digunakan untuk beribadah yang lebih hikmat.

Dia melanjutkan, brand-nya telah memproduksi berbagai mukena dengan ragam warna, desain motif, material yang nyaman, dan tentu mengutamakan syariat agama. Produknya menyediakan pilihan yang lengkap dan menarik untuk mukena orang dewasa maupun anak-anak.

"Selama kurang lebih 11 tahun memproduksi mukena, kami tidak hanya fokus berinovasi pada desain dan motif yang menarik saja, tapi kami juga fokus untuk berinovasi dalam hal material. Kami memastikan dalam produksi mukena untuk menggunakan material yang berkualitas, premium, dan nyaman untuk dipakai. Karena kan ini untuk ibadah, kami ingin para muslimah bisa merasakan mukena terbaik yang nyaman dan enak sehingga bisa membuat ibadah lebih tenang dan lancar," ujar Devina dalam keterangannya, dikutip Kamis 29 Juni 2023. 

Devina lebih lanjut mengatakan, Belimukena juga menawarkan berbagai pilihan mukena yang menarik. 

"Mulai dari mukena travel size mini parasut, mukena polos hingga yang bermotif, mukena berbahan silk, mukena premium yang menggunakan bahan impor berkualitas, dan masih banyak lainnya," beber Devina Limanjaya. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya