Ada Sri Mulyani, Deretan Menteri Cantik Berkebaya Berlenggok Bak Model di Istana Merdeka

Para menteri perempuan berjalan di catwalk saat acara Istana Berkebaya.
Sumber :
  • Instagram Sri Mulyani.

JAKARTA – Jelang HUT ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia, beragam kegiatan digelar di Istana Merdeka, Jakarta Pusat. Salah satunya adalah Istana Berkebaya.

Sri Mulyani Ungkap Mood dan Fokus Para Pembuat Kebijakan Keuangan Global Lagi Begini

Menariknya, acara ini dimeriahkan dengan kehadiran jajaran para menteri perempuan yang berbalut kebaya. Misalnya, Menteri Keuangan Sri Mulyani yang memakai kebaya encim. Tak hanya mengenakan kebaya, para menteri perempuan itu pun didaulat menjadi model dengan berjalan di atas catwalk.

Sri Mulyani berlenggak-lenggok bak model peragakan Kebaya Encim.

Photo :
  • Instagram
Sri Mulyani Pede Inflasi Melandai di Kuartal-II 2024 Seiring Turunnya Harga Beras

Demi penyelenggaran Istana Berkebaya, halaman Istana Merdeka disulap menjadi lintasan runway panjang berwarna putih. Sementara di sisi pinggir runway ditempati oleh para tamu undangan.

Selain itu, terdapat pula panggung utama di mana band dan para pengisi acara tampil. Lalu, bagian yang paling dinanti adalah saat para menteri yang mengenakan kebaya melintas di runway memamerkan busana mereka.

Salurkan Gaji hingga THR PNS, Sri Mulyani Sudah Gelontorkan Rp 70,7 Triliun

Dalam unggahan Instagram Sri Mulyani, dibagikan beberapa foto ketika dia berjalan beriringan dan tersenyum lepas dengan menteri lainnya di atas runway, seperti Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Bintang Puspayoga, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, serta Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziah.

"Menjadi Peragawati dadakan dengan baju Kebaya Betawi Encim.
Dalam Istana Berkebaya sore ini.
Sore yang indah dengan warna-warni kebaya, berbagai rupa.
What a lovely evening..in Jakarta.
Istana Merdeka, 6 Agustus 2023,"
tulis Sri Mulyani dalam unggahannya.

Hal sama juga dibagikan oleh Retno Marsudi dalam Instagram pribadinya. Dalam video yang dibagikannya, terlihat dia berjalan dengan percaya diri di atas catwalk. Sambil memegang payung kecil Retno berlenggok sambil menyapa para tamu yang hadir.

"Biasanya saya jogging, hari ini harus melenggang dengan kebaya encim… 
Bersama para Menteri Wanita, Wakil Menteri Wanita & Wantimpres… melenggang di catwalk sepanjang 200 meter
Well done @smindrawati @bintang.puspayoga @idafauziyahnu @angelatanoesoedibjo @putri_k_wardani209
It was really fun,"
tulis Retno mengiringi unggahan videonya.

Rangkaian kegiatan Istana Berkebaya dibuka langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang didampingi Ibu Negara Iriana.

Dalam sambutannya, Jokowi mengatakan, kebaya melambangkan karakter masyarakat Indonesia yang lemah lembut, sopan, dan bersahaja.

"Kebaya itu melambangkan karakter masyarakat Indonesia yang anggun, yang lemah lembut, yang sopan, dan bersahaja," kata Jokowi.

Sebelumnya, Iriana sempat melontarkan sebait pantun di hadapan para tamu.

"Bunga menur bunga raflesia, mekar sekuntum merah merona, citra luhur wanita Indonesia, pribadi anggun dengan kebaya," kata Iriana yang disambut tepuk tangan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya