JMFW 2024 Resmi Digelar, Kemendag Minta Masyarakat Konsisten Promosikan Produk Lokal

Jakarta Muslim Fashion Week 2024
Sumber :
  • JMFW 2024

JAKARTA  – Dalam upaya mengembangkan bisnis industri fashion Tanah Air, Kementerian Perdagangan (Kemendag) RI mendukung acara fashion tahunan Jakarta Muslim Fashion Week (JMFW) 2024 yang resmi digelar pada Kamis 19 Oktober 2023.

Neraca Perdagangan RI Surplus 47 Bulan Berturut-turut, Mendag: Bagian dari Keberhasilan Kemendag

Pemerintah yakin industri fashion Indonesia bisa mendapatkan tempat di hati para pecinta fashion mancanegara. Dibuktikan dengan hadirnya sejumlah brand lokal di acara luar negeri, gelaran tahunan ini juga diharapkan akan semakin dikenal di kancah internasional.

Dengan begitu, nantinya industri fashion Indonesia terutama fashion muslim akan menjadi pusat tren baru yang akan bersaing di dunia internasional.

Integrasi TikTok Shop-Tokopedia Rampung, Kemendag Pastikan Awasi Ketat Transaksi

"JMFW akan jadi sebuah kiblat dan ikon trendsetter di dunia internasional. Kemendag dengan beberapa lintas stakeholders berharap supaya kegiatan seperti ini bisa berlanjut di kemudian hari supaya bisa memberikan kesan kepada dunia bahwa gelaran JMFW bisa memainkan peran di industri fashion," ujar Wakil Menteri Perdagangan, Jerry Sambuaga, dalam acara pembukaan JMFW 2024, di ICE BSD, Kamis 19 Oktober 2023.

Zulhas Enggan Revisi Aturan Barang Bawaan dari Luar Negeri: Bayar Pajak Dong!

Dalam sambutannya, Jerry Sambuaga mengungkapkan dukungan penuh pihak pemerintah untuk acara tahunan yang kali ini mengusung tema 'Discover Indonesia Modest Fashion Excellence' tersebut. 

Gelaran fashion ini bukan hanya sebagai ajang memamerkan karya dari para desainer lokal, tetapi juga sebagai sarana mereka membangun koneksi sekaligus memasarkan produk-produk unggulannya.

"Teruslah semangat memberikan karya terbaik dan bagi pegiat fashion sering-sering bikin acara begini. Kolaborasi dengan stakeholders dan pemerintah," kata Jerry.

Untuk membawa fashion muslim Indonesia ke luar negeri memang butuh banyak usaha dan proses yang panjang. Menurut Jerry, itu merupakan kewajiban seluruh masyarakat agar konsisten mempromosikan produk lokal ke kancah internasional.

"Kita harus memberikan upaya berkelanjutan terhadap produk bangsa. Ini keharusan dan kewajiban bagi kita semua," tutur Jerry.

Jakarta Muslim Fashion Week 2024 resmi dibuka

Photo :
  • Instagram

"Kita harus konsisten ya. Kita konsisten promosikan produk lokal supaya produk lokal bisa mendunia," tambahnya.

Usai menyampaikan sambutan, Jerry Sambuaga juga membuktikan dukungannya terhadap produk lokal. Ia menjelaskan satu persatu pakaian yang dikenakan, mulai dari kemeja batik, jam tangan kayu, celana, hingga sepatu yang merupakan produk buatan dalam negeri.

Jakarta Muslim Fashion Week (JMFW) 2024 resmi digelar di ICE BSD mulai Kamis 19 Oktober 2023 sampai Minggu 21 Oktober 2023. Acara fashion tahunan ini mengusung tema 'Discover Indonesia Modest Fashion Excellence' yang berfokus pada penguatan ekosistem modest fashion nasional. Sejumlah karya desainer ternama Tanah Air pun dipamerkan dalam acara ini.

Pada sesi pembukaan kali ini, JMFW menghadirkan sembilan jenama modest fashion Tanah Air seperti Bellabaric by Najua Yanti, Zeta Prive, Irna La Perle Sasirangan Kalimantan Selatan X PT Andalan, Qnanz, Aden Hijab, Magdara X Riana Meilia, Nada Puspita, Muda, dan Buttonscarves.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya