Intip Koleksi Mahkota Ratu Inggris

Ratu Elizabeth II
Sumber :
  • REUTERS/Justin Tallis/Pool

VIVA.co.id – Mahkota bagi Ratu Inggris adalah jantung dari koleksi perhiasannya. Begitu berharga hingga mahkota-mahkota itu harus ditempatkan di ruang khusus sebesar lapangan seluncur es, 12 meter di bawah Istana Buckingham.

Afrika Selatan Tuntut Berlian di Mahkota Kerajaan Inggris Dikembalikan

Mahkota itu dipersembahkan kepada Ratu menggunakan nampan yang dilapisi renda yang dijahit sendiri oleh neneknya, Ratu Mary, dengan inisial ‘M”.

Menurut laman  Dailymail, berikut beberapa koleksi mahkota Ratu Elizabeth II yang pernah digunakannya.

Ratu Elizabeth II Diisukan Meninggal karena COVID-19, Ini Faktanya

Mahkota Oriental
Salah satunya adalah mahkota bertahtakan batu rubi yang ia gunakan sekali saat kunjungan ke Malta pada 2005. Mahkota itu ia gunakan bersama dengan kalung Baring rubi, yang ia beli tahun 1964.

Mahkota tersebut didesain oleh Pangeran Albert untuk istri barunya, Ratu Victoria, seharga sekitar Rp16 juta di tahun 1853 dan sekarang berharga sekitar Rp1,4 miliar. Ukuran mahkotanya besar dengan lebih dari 2600 berlian dan 11 rubi.

Ratu Elizabeth II Ternyata Penggemar Arsenal

Batu-batu rubi yang digunakan awalnya adalah opal, batu favorit Pangeran Albert. Akan tetapi Ratu Alexandra yang mewarisi mahkota itu dari ibunya menganggap, batu tersebut membawa sial dan menggantinya. Mahkota itu pun kemudian diwariskan ke ibunda Ratu Elizabeth II ketika suaminya, Geogr VI naik tahta tahun 1936. Mahkota ini menjadi salah satu favoritnya.

Koleksi mahkota Ratu lainnya adalah Boucheron Honeycomb yang saat ini digunakan oleh Duchess of Cornwall. Mahkota tersebut diwariskan ke Ratu Elizabeth II setelah kematian ibunya di tahun 2002.

Mahkota Kokoshnik
Salah satu mahkota Ratu yang paling mencolok adalah mahkota Kokoshnik yang terdiri dari 488 berlian yang dipasang pada mahkota kuning emas. Mahkota tersebut dihadiahkan kepada Alexandra pada ulang tahun pernikahannya yang ke-25 di tahun 1988. Saat itu harganya mencapai Rp83 juta dan sekarang berharga sekitar Rp7,6 miliar.

Mahkota Rubi Burma
Mahkota Rubi Burma adalah salah satu koleksi tiara yang dipesan langsung oleh Ratu dari Garrard di tahun 1973. Ini merupakan salah satu koleksi yang belum pernah diwariskannya. Mahkota tersebut dianggap mencerminkan gaya personal Ratu.

Mahkota tersebut merupakan gabungan dua pernikahan Ratu, 96 rubi dari rakyat Burma dan berlian yang diambil dari Nizam of Hyderabad. Menurut tradisi Burma, rubi dapat melindungi pemakainya dari penyakit. Mahkota tersebut berbentuk karangan bunga mawar dengan satu buah rubi di tengahnya dan dipisahkan oleh kilau berlian. Batu-batu rubi dipasang pada emas dan berlian pada perak.

Mahkota Grand Duchess Vladimir
Salah satu koleksi mahkota yang memiliki latar cerita paling menarik adalah mahkota Grand Duchess Vladimir.  Dibuat oleh House of Bolin yang terkenal, merupakan koleksi perhiasan tertua di dunia. Mahkota tersebut merupakan hadiah pernikahan dari Maria Pavlovna, istri dari Grand Duke Vladimir dari Rusia padah tahun 1874.

Ketika revolusi Rusia pecah, keluarga Vladimir melarikan diri dan meninggalkan mahkota tersebut. Kemudian agen rahasia Inggris ditugaskan untuk menyelundupkan mahkota tersebut keluar Rusia. Dalam perjalanan mahkota tersebut rusak dan diperbaiki oleh Garrard.

Di tahun 1921, mahkota tersebut dijual kepada Ratu Maru oleh putri Grand Duchess. Beberapa tahun kemudian mahkota tersebut diadaptasi dengan mengganti 15 mutiaranya dengan batu zamrud. Namun, aslinya tetap disimpan sehingga keduanya bisa tetap digunakan. Ratu mewarisi mahkota tersebut dari neneknya pada tahun 1953.

Laporan: Adinda Permatasari

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya