Tips Merawat Perhiasan Emas Agar Tetap Berkilau

Ilustrasi perhiasan
Sumber :
  • Pixabay/Hannah Alkadi

VIVA.co.id – Perhiasan merupakan aksesori yang sering dikenakan seseorang dan dapat menjadi suatu identitas dengan derajat sang pemakai. Tidak hanya wanita, terkadang laki-laki pun kerap menggunakan perhiasan sebagai aksesori. Salah satunya aksesori dari bahan emas. 

Heboh! Cerita TKW Asal Madura Harus Bayar Pajak Ratusan Juta Usai Bawa Emas 3 Kg ke Indonesia

Tak sedikit orang menjadikan emas sebagai barang investasi. Sebab semakin besar kadar karatnya, harga emas semakin tinggi. Untuk merawat keindahan emas, jangan gunakan emas yang berbeda karatnya secara berdekatan. 

Misalkan Anda membeli cincin, usahakan menggunakan cincin yang berat karatnya sama. Hal ini untuk menghindari lunturnya emas dari karat yang lebih besar.

Sering Disebut Anak Emas, Tiara Andini Kini Jadi Brand Ambassador Perhiasan

Selain itu, dalam menyimpannya Anda dapat menggunakan kain halus untuk menghindari terjadinya goresan pada permukaan emas. Namun bila emas kotor, bersihkan perhiasan Anda pada detergen ringan dan cairan amoniak.

"Ada beberapa hal untuk menyimpan perhiasan, seperti membungkusnya dengan kain lembut agar tidak terjadi goresan. Kemudian kalau perhiasan terlihat kotor bisa dicoba mencuci sendiri dengan menggunakan detergen, air hangat dan beberapa tetes cairan amoniak. Kemudian bersihkan emas dengan cairan tersebut dengan sikat halus," ujar Endang Thamrin, Pemilik Emporium Jewels kepada VIVA.co.id pada acara Grand Launching Emporium Jewels dikawasan Jakarta Pusat, Minggu, 4 September 2016.

Tips Edukasi Berinvestasi Emas, Manfaat dan Cara Lindungi Nilai Aset

Dia menambahkan bahwa untuk menjaga kilaunya, sebaiknya jauhkan perhiasan dari bahan kimia. Serta hindari dari basah karena dapat menyebabkan korosi pada perhiasan Anda.

Warga di Brebes Jawa Tengah menggadaikan kembali emasnya usai lebaran

Warga Brebes Ramai-ramai Gadai Emas Usai Dipakai Lebaran

Kantor pegadaian di Brebes, Jawa Tengah, ramai didatangi warga untuk menggadaikan perhiasan emas, setelah digunakan untuk perayaan lebaran yang lalu.   

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024