Eksotisme Tenun Tanimbar Khas Maluku

Tenun Tanimbar khas Maluku
Sumber :
  • Viva.co.id/Linda Hasibuan

VIVA.co.id – Tanimbar yang terletak di Kabupaten Maluku Tenggara Barat ternyata memiliki kain tradisional ikat atau tenun. Keindahan kain ini terletak pada motif dan warna tenunnya yang beragam.

Amanda Eyklima Perkenalkan Kain Tenun Suku Baduy di Mongolia

Tenun ini memiliki ciri khas garis diselingi dengan corak yang diadaptasi dari alam dan aktivitas masyarakat sekitar. Kabupaten Maluku Tenggara Barat sedikitnya mencatat ada 40 ragam corak dengan berbagai makna.

Salah satu di antaranya motif bunga anggrek. Bunga ini banyak tumbuh di tanah Tanimbar dan melambangkan kecantikan, keanggunan dan keuletan.

Mantap, Sarung Tenun Samarinda Dibeli Hj Iriana Jokowi dan Hj Wury Ma'ruf Amin

"Motif tenun ini sangat terkait dengan masyarakat sehari-hari, seperti motif bunga anggrek, tanah kita (Tanimbar) banyak ditumbuhi anggrek liar. Ada juga motif binatang, motif mata tombak yang identik dari masyarakat Tanimbar, yakni mempunyai kebiasan berburu dengan tombak," kata Kepala Dinas Koperasi dan UKM Maluku Tenggara Barat Elisabeth Werembinan kepada VIVA.co.id, Kamis malam, 2 Maret 2017.

Dia menuturkan, tenun Tanimbar hingga saat ini masih menjadi warisan turun temurun kepada anak dan cucu. Tenun ini memiliki warna yang khas, seperti hitam, cokelat, biru dan merah.

Kerjasama dengan Pemerintah Provinsi NTT, Ivan Gunawan Hadirkan Keindahan Kain Sotis

Saat ini, para pengrajin tenun Tanimbar sudah mencapai 1.500 orang yang didominasi para wanita. Diharapkan eksotisme tenun Tanimbar dapat melejit seperti wastra nusantara lainnya, sehingga secara tidak langsung berdampak pada perekonomian masyarakat Tanimbar.

"Para wanita Tanimbar adalah penenun. Kalau ini bisa maju dan sukses dapat membantu perekonomian keluarga di Tanimbar," ucapnya.

Koleksi Mamuli Sumba by Ghea Panggabean.

Dipamerkan di NYFW, Koleksi Mamuli Sumba Dipersembahkan untuk Para Penenun Wanita

Koleksi menakjubkan dengan judul "MAMULI SUMBA," adalah sebuah tribut terhadap kekuatan dan ketahanan wanita-wanita penenun Sumba, yang menenun cerita dan warisan mereka.

img_title
VIVA.co.id
9 Oktober 2023