Dapur Kecil Tapi Tetap Nyaman, Ini Tips Penataannya

Ilustrasi dapur kecil
Sumber :
  • VIVA/ Shalli Syartiqa

VIVA – Memiliki dapur yang berukuran besar dan nyaman adalah dambaan setiap kaum hawa. Namun, jika Anda memiliki hunian dengan ukuran minimalis, sepertinya impian memiliki dapur yang luas akan sangat sulit.

Resmi Kantongi Sertifikat Halal Seumur Hidup, Manajemen Dunkin Ungkap Alasan Hilangnya Kata Donuts

Tapi jangan khawatir, Anda dapat mengakalinya dengan beberapa cara. Dapur yang kecil bisa menjadi nyaman saat Anda berada di sana, asal Anda memilih perabotan yang tepat.

Perwakilan Arsitek yang tergabung di Indonesia Young Architects, Andesita Oki mengungkapkan beberapa cara mudah menyiasati dapur kecil agar tetap nyaman.

Moms! Masak Jauh Lebih Efisien Kalau Punya 4 Small Cooking Appliances Ini

"Balik lagi beda-beda setiap pemilik rumah, ada yang tidak suka masak dan tidak bisa masak, jadi dia tidak membutuhkan kitchen yang full equipment," kata Andesita saat ditemui di Pameran Homedec, ICE BSD, Tangerang, 6 September 2018.

Tapi, lanjutnya, untuk yang suka masak, tak heran jika dapurnya lengkap dengan oven dan segala macam. "Jadi disesuaikan saja," kata Andesita lagi.

Punya Dapur Dicap Mampu? Warga Miskin Jakarta Dicoret dari KJP Plus dan KJMU

Sebagai seorang arsitek, Andesita menganjurkan agar sebelum membangun rumah, si pemilik sebaiknya berkonsultasi.

"Kalau dari arsiteknya, sebaiknya balik lagi ke kebiasaan keluarga itu sendiri. Konsultasi itu yang pertama. Ruangan apa yang diinginkan ada di dalam rumah, jadi nanti itu bisa kita rancang semuanya, sesuai dengan keinginan client," katanya.

"Nanti dari rancangan itu, kita bisa kompromi, mana yang pas dan mana yang tidak untuk desain rumahnya," sambungnya.

Namun yang pasti, khusus untuk ruang dapur, Andesita memberikan tips, benda-benda yang wajib ada di setiap dapur rumah.

"Yang jelas standard kitchen harus ada kompor, kulkas dan tempat cuci piring. Dan yang harus sih tempat penyimpanan barang-barang dapur. Selebihnya bisa Anda pikirkan perabotan yang pas untuk space dapur Anda. Supaya Anda nyaman dan fleksibel berada di dapur," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya