Pemilik Pisau Dapur Dekat Jasad Anak Pamen TNI AU yang Tewas di Halim Masih Jadi Misteri

Kapolres Metro Jakarta Timur, Komisaris Besar Polisi Leonardo Simarmata
Sumber :
  • Istimewa

Jakarta- Senjata tajam yang ditemukan dekat jasad anak perwira menengah TNI AU berinisial CHR (16), yang ditemukan tewas dalam kondisi terbakar di Pos Spion Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, adalah pisau dapur.

Aksi Mulia Prajurit Wing Komando I Kopasgat Sentuh Warga Kampung Jatiwaringin Pondok Gede

Kapolres Metro Jakarta Timur, Komisaris Besar Polisi Leonardus Harapantua Simarmata mengatakan hal itu dipastikan pasca penyidik melakukan serangkaian proses olah tempat kejadian perkara (TKP) di lokasi jasad korban ditemukan.

"Pisaunya bukan pisau komando, pisau dapur, pisau biasa. Gagangnya meleleh, jadi sudah tidak ada pegangan," ucapnya kepada wartawan, Rabu 27 September 2023.

Kapal KM Bukit Raya Terbakar, Ribuan Calon Penumpang Gagal Berangkat ke Surabaya

Ilustrasi mayat/jenazah.

Photo :
  • Pixabay.

Meski begitu, dirinya belum bisa menyimpulkan apakah temuan pisau dapur tersebut berkaitan dengan kematian korban. Pun apakah terkait dengan luka sayat pada tubuh korban yang diketahui dari hasil autopsi.

KM Bukit Raya Terbakar di Muara Sungai Kapuas, Penumpang Panik Berjibaku Padamkan Api

"Itu sudah saya sampaikan tadi, sampai dengan saat ini penyidik belum secara resmi menerima (hasil autopsi). Jadi kalau hanya penyampaian secara lisan dan lain-lain kami belum bisa jadikan sebagai alat bukti," ujarnya.

Sehingga, polisi tidak mau terburu-buru menyimpulkan penyebab kematian CHR. Pasalnya penyidik masih bekerja mengumpulkan barang bukti guna proses scientific crime investigation.

"Karena ini harus diungkap secara scientific, tidak bisa dilakukan dengan asumsi atau dugaan. Jadi nanti akan kita sandingkan hasil penyelidikan kita, hasil temuan fakta dan bukti yang ada di lapangan. Dengan keterangan yang ada di ahli dari Puslabfor hingga nanti sinkron tidak ada pertentangan dari bukti-bukti yang didapat di lapangan," ujarnya.

Sebelumnya diberitakan, Kapolres Metro Jakarta Timur, Komisaris Besar Polisi Leonardo Simarmata menyebut sebilah pisau ditemukan dekat jasad pemuda yang diketahui anak perwira TNI yang ditemukan terbakar di kawasan Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur. Korban diketahui berinisial CHR (16).

"Barang bukti yang ditemukan, satu bilah pisau, satu pasang sandal berwarna biru, satu baju bekas terbakar, satu celana bekas terbakar," ucap dia kepada wartawan, Selasa 26 September 2023.

ilustrasi police line atau garis polisi.

Photo :
  • The Associated Press.

Untuk diketahui, jasad pemuda atau anak baru gede (ABG) ditemukan terbakar di kawasan Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Minggu malam, 24 September 2023. Kabar penemuan mayat di sana dibenarkan Komandan Lanud Halim Perdanakusuma, Marsekal Pertama Adrian P Damanik. Adapun pemuda itu diduga anak dari salah satu perwira menengah (pamen) TNI AU.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya