4 Faktor yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Membeli Rumah Impian

Ilustrasi hunian.
Sumber :
  • Pexels/Binyamin Mellish

VIVA – Membeli rumah impian adalah salah satu pencapaian hidup yang menduduki puncak daftar keinginan hampir semua orang. Apakah Anda tinggal di apartemen perkotaan modern atau rumah pinggiran kota yang luas, kebanyakan orang berharap menemukan rumah yang terasa seperti dibuat khusus untuk keluarga kita.

11 Orang Ditangkap saat Polisi Gerebek 3 Rumah Mewah di Teluk Naga, Ternyata Markas Judi Online

Namun, mencari rumah impian harus dibarengi dengan pertimbangan yang berbeda dengan pembelian real estat lainnya. Karena kemungkinan besar Anda bertujuan untuk tinggal di properti itu untuk masa mendatang, Anda pasti ingin mencari properti yang akan membuat Anda dan keluarga bahagia untuk jangka panjang. Jangan takut untuk pilih-pilih dan bertahan sampai Anda menemukan rumah yang terasa pas.

Lantas, bagaimana Anda bisa tahu bahwa Anda telah menemukan tempat yang sempurna? Kebanyakan orang mengatakan Anda akan langsung tahu begitu saja saat melihatnya. Meski begitu, ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan sebelum menentukan pilihan

Detik-detik Menegangkan Pria Ini Selamat dari Tembok Runtuh Akibat Gempa Garut

Berikut ini adalah empat faktor penting yang wajib dipertimbangkan saat membeli rumah impian, dilansir dari laman My Move, Minggu, 19 Desember 2021.

1. Fitur yang selalu Anda inginkan

Update Dampak Gempa Garut: 131 Rumah Rusak di 50 Desa

ilustrasi kamar tidur/rumah.

Photo :
  • Istimewa

Sangat penting untuk melakukan pembelian ini dengan pola pikir baru. Di masa lalu, Anda mungkin mencari properti yang memenuhi kebutuhan Anda, seperti memiliki kamar tidur yang cukup untuk seluruh keluarga atau tak jauh dari tempat kerja.

Namun, kali ini berbeda. Rumah impian lebih tentang memenuhi keinginan daripada memenuhi kebutuhan. Jangan takut untuk membuat daftar keinginan yang cukup besar. Daftar keinginan setiap orang berbeda. Sebagian orang mungkin bermimpi bangun setiap pagi untuk menyaksikan matahari terbenam terbit di atas danau sementara yang lain berharap melihat pegunungan yang indah. 

Mintalah setiap orang dalam keluarga Anda membuat daftar fitur yang mereka dambakan. Kemudian, urutkan masing-masing fitur tersebut berdasarkan kepentingannya. Meskipun kecil kemungkinan Anda akan menemukan properti yang akan menandai setiap kotak dalam daftar ini, latihan ini akan membantu Anda berfokus pada properti yang cocok untuk Anda sekeluarga.

2. Lingkungan sekitar dan sekitarnya

Ilustrasi ruang tamu.

Photo :
  • Pixabay/ErikaWittlieb

Ingat, properti Anda tidak ada di dalam gelembung. Itu adalah bagian dari komunitas yang lebih besar, tempat Anda akan hidup setiap hari. Dengan mengingat hal itu, sangat penting untuk menemukan lingkungan yang sesuai dengan kebutuhan sebelum membeli. 

Apakah Anda ingin bisa berjalan ke kedai kopi setiap pagi atau Anda lebih suka tidak harus berhadapan dengan tetangga yang berpotensi berisik? Apa pun keinginan hati Anda, jangan ragu untuk melakukan riset sebelum memulai pencarian Anda.

Coba kunjungi properti yang Anda incar, lalu habiskan beberapa waktu di sana, jika memungkinkan. Anda juga bisa mencoba makan di restoran sekitar dan berjalan-jalan ke taman terdekat. Setelah Anda menemukan area yang Anda sukai, beri tahu agen real estat Anda. Dia akan menggunakan informasi ini untuk fokus menunjukkan bahwa Anda akan merasa nyaman.

3. Lokasi dan ukuran kavling

Ilustrasi hunian.

Photo :
  • Dok. Istimewa

Kavling sering kali menjadi renungan saat harus membeli properti. Ini adalah satu hal tentang properti yang benar-benar tidak dapat diubah. Pikirkan tentang ini. Anda dapat merobohkan sebuah rumah dan membangunnya kembali dari awal, tetapi terlepas dari perubahan yang Anda buat, semuanya akan tetap sama.

Saat melihat properti tertentu, pertimbangkan lokasi dan ukuran kavling dengan cermat sebelum mengajukan penawaran. Apakah Anda merindukan halaman belakang yang cukup besar untuk anak-anak berlarian? Apakah Anda ingin memiliki pemandangan yang dapat Anda lihat dan nikmati selama bertahun-tahun yang akan datang?

Jika ada sesuatu yang tampak seperti kompromi bagi Anda, jangan ragu untuk pergi. Akan lebih mudah untuk menemukan properti serupa di tempat yang lebih baik daripada terus menerus menetap di lokasi yang kurang memadai hari demi hari.

4. Usia properti

Ilustrasi hunian

Photo :
  • Pexels/Pixabay

Ketika bicara membeli rumah, terutama rumah yang telah Anda idamkan sepanjang hidup Anda, usia memang membuat perbedaan. Membeli rumah lama dan baru masing-masing memiliki pro dan kontra. Jadi perhatikan apa yang Anda daftarkan sebelum mengajukan penawaran. 

Namun, yang patut diketahui adalah rumah yang lebih tua cenderung membutuhkan sedikit lebih banyak biaya renovasi.

Kemudian, jika Anda memimpikan lemari yang cukup besar untuk menampung pakaian Anda dan kamar mandi utama yang diperbarui yang terasa seperti spa, dalam hal ini, konstruksi baru mungkin lebih cocok. Jika Anda bisa menemukan properti impian sebelum dibangun, Anda bahkan dapat memilih fitur tertentu saat rumah sedang dibangun dan menyesuaikannya lebih lanjut dengan selera Anda.

Ilustrasi dapur.

Photo :
  • Pixabay/Skitterphoto

Sementara itu, baru-baru ini perusahaan properti PT AKR Land Development (AKR Land) meraih tiga penghargaan dalam ajang The PropertyGuru Indonesia Property Awards 2021 yang digelar di Hotel Ritz Carlton Pacific Place, Jakarta, pada 29 November 2021 lalu.

Salah satunya adalah titel Winner untuk kategori Special Recognition in ESG, yang membuktikan bahwa pengembang nasional ini telah menerapkan konsep ESG (environment, social and good governance) yang telah menjadi konsen perusahaan-perusahaan global.

Mereka juga meraih titel Highly Commended dalam kategori Best Sustainable Developer, yang mana pembangunan berkelanjutan dan ramah lingkungan memang telah menjadi komitmen mereka, mengacu pada United Nations Sustainable Development yang digaungkan dunia. Proyek AKR Grand Estate Marina City Gresik juga meraih penghargaan Highly Commended sebagai Best Township Development. 

“Pengembangan perusahaan dengan model sustainable development dan ESG merupakan nilai tambah tersendiri bagi perusahaan. Dengan added value ini, kami dapat memberikan dampak positif pada agenda pembangunan nasional dan pembangunan global yang inklusif dan multidimensi,” ujar Chief Executive Officer AKR Land, Thomas Go.

Ia juga menambahkan bahwa konsep pembangunan propertinya adalah menjadikan kota dan pemukiman inklusif, aman, tangguh dan berkelanjutan, serta memiliki dampak postif bagi komunitas dan lingkungan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya