Polusi Meningkat, Yuk Rawat 5 Tanaman Pembersih Udara

Pakis Boston
Sumber :
  • terrain.com

VIVA Lifestyle – Memiliki dan merawat tanaman dalam rumah memang sering dilakukan untuk mempercantik ruangan. Namun, memelihara tanaman yang bisa sekaligus menjadi pembersih udara akan lebih baik, bukan? Apalagi, khususnya di Jakarta, kualitas udara memburuk karena banyaknya polusi.

7 Negara dengan Populasi Pedesaan Terbesar di Dunia, Indonesia Nomor 4

Nah, ada banyak jenis tanaman yang bisa digunakan two in one, untuk diletakkan di dalam ruangan. Jenis tanaman dalam rumah sebagai pembersih udara ini amat baik untuk kesehatan pernapasan dan paru-paru. 

Berikut 5 jenis tanaman pembersih udara ruangan yang bisa dimiliki :

Kinerja Seluruh Sektor Lapangan Usaha Kinclong Kuartal I-2024, BI Kasih Buktinya

Peace Lily

Bunga Peace Lily

Photo :
  • Pixabay/Pexels
10 Negara yang Mengekspor Tembakau Terbanyak di Dunia, Indonesia Segini

Tanaman hias yang cukup populer, Peace Lily adalah salah satu tanaman hias pembersih udara terbaik karena dapat membantu menyaring beberapa senyawa berbahaya lho, Bunda.

Tanaman hias bunga yang terkenal mampu menghilangkan racun benzena dan formaldehida ini perlu cahaya dan kelembaban tinggi untuk tumbuh subur. Daunnya perlu sering disemprot dengan air hangat. Tanaman hias Peace Lily akan tumbuh dengan subur jika ditempatkan di tempat yang terang dengan cahaya tidak langsung untuk menjaga tanahnya tetap lembap. 

Jika kamu memiliki kucing atau anjing, sebaiknya jauhkan tanaman ini dari mereka, karena Peace Lily beracun untuk kucing dan anjing. 

Palem Bambu

Palem Bambu

Photo :
  • Tangkapan Layar

Tanaman hias ini memerlukan cahaya terang untuk tumbuh subur. Pohon ini tumbuh subur di area lembab, tapi jaga agar tidak terlalu banyak disirami air. Meskipun berfungsi menyedot polutan, palem bambu mungkin mengundang laba-laba atau serangga. Untuk mengantisipasinya, semprotkan cairan pestisida.

Pakis Boston

Pakis Boston

Photo :
  • terrain.com

Pakis Boston punya ciri yang spesifik, sehingga Anda mudah mengenalinya. Tiap helai daunnya memiliki beberapa helaian lagi yang tampak seperti jumbai-jumbai. Tanaman hias daun yang masih satu keluarga dengan pohon suplir ini bisa ditempatkan di lantai atau pot gantung. Pakis Boston menggunakan stomata sebagai penyedot racun formaldehid dan xylene, mengubahnya jadi zat bermanfaat.

Lidah Mertua

Lidah mertua

Photo :
  • Pixabay

Beberapa waktu lalu, tepatnya saat PPKM sedang berlangsung ketat di Indonesia, tanaman lidah mertua menjadi idola para pecinta tanaman dan banyak dicari orang. Selain bentuknya yang indah, tanaman hias dengan bentuk daun panjang ini mengeluarkan oksigen di malam hari sekaligus membersihkan udara dari racun.

Karet Hias

Tanaman karet hias

Photo :
  • hortology.com

Tanaman yang bisa jadi pembersih udara untuk di ruangan terakhir adalah karet hias. Tanaman yang memiliki mama latin Ficus Robusta ini adalah salah satu tanaman hias yang kegunaannya bisa menyerap formaldehid dan menghasilkan oksigen. Daunnya berwarna hijau muda, dan saat dipegang teksturnya kenyal. 

Oleh karena itu, pohon yang satu ini juga dikenal dengan sebutan Rubber Plant. Karet Hias sebaiknya tidak ditaruh di tempat terlalu terang, terutama di bawah sinar matahari. Tempatkan di dalam ruangan dengan sedikit pancaran sinar.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya