Tradisi Perayaan Imlek di Seluruh Dunia

Perayaan Imlek 2018 di Shanghai, China, dengan lentera berbentuk anjing.
Sumber :
  • REUTERS/Aly Song

VIVA – Perayaan tahun baru Imlek sudah di depan mata. Tidak hanya di China, perayaan ini juga dirayakan oleh seluruh masyarakat keturunan China di berbagai daerah di penjuru dunia.

Hal yang Dilarang Saat Imlek Sampai Kaitannya dengan Hujan dan Hoki

Hal ini karena banyak warga China yang meninggalkan negaranya dan menetap di negara lain. Bahkan di sejumlah negara terdapat komunitas keturunan masyarakat China yang sangat besar. 

Sejauh ini, ada banyak negara yang menetapkan Imlek sebagai hari libur nasional, termasuk Indonesia. Beberapa kebiasaan dan kegiatan festival China diwarisi, dan beberapa berkembang menjadi perayaan dan praktik unik nasional. 

Viral Pengunjung Mal Padati Perayaan Imlek di Bandung

Berikut ini sembilan perayaan unik Imlek di berbagai belahan dunia.

1. Singapura

Bikin Imlek Penuh Keberuntungan dengan 9 Bunga dan Tanaman Ini

Sekitar 70 persen populasi Singapura merupakan masyarakat etnis China. Meski begitu, perayaan Imlek di Singapura sedikit berbeda, namun sebagian besar dari mereka mempertahankan tradisi aslinya.

Di Malam Tahun Baru, banyak sashimi dalam irisan atau keripik dengan sayuran dan daging akan disiapkan di atas meja. Ketika semua anggota keluarga mengambil tempat duduk, mereka bersaing satu sama lain untuk mengambil sashimi tersebut.

Jika mereka memegang daging lebih tinggi, diyakini mereka akan mendapatkan keberkahan lebih banyak di tahun depan. Untuk kegiatan publik, orang biasanya berduyun-duyun ke Kreta Ayer Square untuk menikmati pasar dadakan, Chingay Parade, stike walker, naga dan tarian singa.

Hadiah yang paling populer diberikan saat Imlek adalah jeruk, yang merupakan pertanda kebahagian. Saat mengunjungi kerabat dan teman, orang Singapura akan membawa dua jeruk ke dalam kotak sebagai hadiah, dan tuan rumah juga akan memberikan dua jeruk sebagai imbalan. Orang-orang pun mempertahankan tradisi dengan mengenakan pakaian dan topi baru, dan mereka bahkan mengganti seprai dan selimut baru.

2. Malaysia

Selama perayaan Imlek semua area komersial di Malaysia akan dihiasi dengan lentera, bunga sakura dan jeruk. Perayaan terbesar Imlek akan dilangsungkan di ibu kota, Kuala Lumpur, dengan berbagai festival meriah yang dapat menarik 30 juta orang. 

Selain itu, di antara semua barang festival, nanas adalah hadiah paling populer, karena orang percaya bahwa buah ini bisa membawa keberuntungan. Selama Tahun Baru Imlek, ada kompetisi kaligrafi tahunan, yang memungkinkan setiap orang untuk ikut serta.

3. Filipina

Acara tahun baru imlek menjadi hari penting bagi masyarakat China yang mendiami Filipina. Tercatat ada 100 juta orang, dan yang paling banyak berasal dari China asal Fujian China. Maka tidak mengherankan jika perayaan Imlek di sana tidak jauh berbeda dengan di Fujian.

Kue beras, yang juga disebut Niangao, disajikan sebagai makanan pokok. Pada Hari Tahun Baru, mereka tidak akan memasak tapi memakan sisa makanan di hari sebelumnya. Hal ini dipercaya bisa membuat mereka mendapatkan sesuatu yang lebih besar  dari yang mereka butuhkan. 

Terlepas dari kebiasaan yang paling sering dilihat seperti memberi amplop merah, tarian singa dan naga, masyarakat setempat akan menggantung delapan buah berbentuk bulat di rumah mereka untuk dekorasi, termasuk nanas, jeruk, apel, anggur, mangga, lemon, semangka dan pepaya.

4. Vietnam

Berbeda dengan festival yang dirayakan hanya di perempat-penjuru China di negara-negara barat, Tahun Baru Imlek, yang disebut Tet in Vietnamese, telah berkembang menjadi hari libur nasional bagi semua warga negara.

Dalam perayaan ini masyarakat akan menghidangkan makanan utama Zongzi yakni sejenis nasi ketan bulat atau berbentuk persegi yang dibungkus daun buluh atau bambu.

Mereka akan membeli bunga persik untuk menangkal roh jahat dan tanaman pot cumquat agar mendapat keberuntungan. Vietnam memiliki tradisi khusus yang disebut Xong Tet, yang merujuk pada nasib baik atau buruk yang dibawa oleh pengunjung pertama.

Kepribadian dan kondisi kehidupan pengunjung pertama memprakarsai keberuntungan tuan rumah di tahun yang akan datang, jadi biasanya sebelum Xong Tet, pemilik rumah akan mengundang orang yang jujur, baik atau kaya untuk datang berkunjung terlebih dahulu.

5. Amerika

Setidaknya ada 2,7 juta orang China yang tinggal di California, San Francisco, New York, Seattle dan Washington di Amerika Serikat. Beragam acara pun digelar seperti festival lentera, bersamaan dengan tarian naga dan singa. Chinatown di San Francisco, pun biasanya juga akan menggelar parade di Grant Avenue dan Kearny Street secara besar-besaran. Orang membawa spanduk warna-warni, drum dan petasan untuk menghidupkan suasana festival.

6. Kanada

Festival ini megah biasanya dipusatkan di Vancouver dan Toronto. Kegiatan festival Imlek biasanya meliputi parade jalanan, konser musik tradisional, festival yang menampilkan tarian, kostum tradisional, kembang api, bazar dan beberapa pameran seni lainnya.

7. Inggris

London mengklaim bahwa mereka menjadi tuan rumah perayaan Tahun Baru Imlek terbesar di luar Asia. Sebenarnya, kebenaran bahwa festival ini menjadi lebih besar di negara dengan populasi China yang signifikan. Hal ini diamati setiap tahun di Chinatown,  Leicester dan Trafalgar Square.

8. Australia

Perayaan tahun baru Imlek biasaya akan terpusat di Chinatown Sidney. Perayaan tersebut menggabungkan pasar yang semarak, bazar makanan, parade kostum, pertunjukan opera tradisional hingga pertunjukan lentera dan kembang api.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya