Makna Ritual Lepas Burung Pipit Saat Imlek

Sandiaga Uno ikut lepas burung di Vihara Dharma Bakti Jalan Petak Sembilan.
Sumber :
  • Syaefullah

VIVA – Terdapat satu ritual yang mencuri perhatian saat perayaan Imlek di Vihara Dharma Bhakti atau Klenteng Kim Tek Le (Jin De Yuan) di Jalan Kemenangan Petak III Sembilan Glodok, Jakarta Barat pada perayaan Imlek. Ritual tersebut yakni melepas satu kotak berisi burung pipit.

Viral Pengunjung Mal Padati Perayaan Imlek di Bandung

Menurut Gunawan Jaya Putra, pengurus sementara Klenteng Kim Tek Le, ritual pelepasan burung tersebut memiliki arti cinta dan kasih sayang terhadap setiap makhluk hidup.

"Pelepasan burung dalam bentuk aktif melambangkan cinta kasih. Kita diajarkan untuk saling mengasihi dan menjahui pembunuhan antara manusia," ucapnya saat ditemui VIVA, Jumat, 16 Februari 2018.

Bikin Imlek Penuh Keberuntungan dengan 9 Bunga dan Tanaman Ini

Pelepasan burung pipit di Vihara Dharma Bhakti

Gunawan menjelaskan, pelepasan burung tersebut juga simbol dari kebebasan, di mana tidak ada lagi diskriminasi antarmanusia. Semua mahluk hidup baik manusia, hewan, dan tumbuhan memiliki hak untuk hidup bebas dan bahagia.

Atraksi Barongsai Hingga Pameran Satwa Meriahkan Perayaan Imlek

"Melempar burung juga diartikan sebagai doa agar lancar rezeki, semakin dipermudah segala urusan baik bisnis dan keluarga serta permohonan doa menjadi pribadi lebih baik lagi di tahun baru ini," kata dia.

Baca juga:

Vihara Dharma Bhakti Didatangi Ribuan Pengunjung

Tiga Legenda Tahun Baru Imlek Paling Populer

Lima Ritual Tahun Baru Imlek yang Mulai Dilupakan

Sementara itu, Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Salahudin Uno melakukan pelepasan burung pipit di Klenteng Kim Tek Le. Ada 17 burung yang dilepaskan.

"Burung ini merupakan suatu tradisi, bahwa kita melepas untuk terbang tinggi, sama seperti harapan kita bahwa terus meningkat kesejahteraan bagi seluruh warga Jakarta," ujarnya. (mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya