Logo ABC

Pungut Sedotan demi Kurangi 5 Triliun Sampah Plastik di Lautan

Dr Scott Wilson
Dr Scott Wilson
Sumber :
  • abc

Sebuah proyek sains dari warga global yang diluncurkan di Sydney akan merekrut siswa dan relawan untuk menghitung dan mencatat beberapa dari lima triliun potongan plastik di lautan.

Proyek Pengamatan Mikroplastik Australia (AUSMAP) akan melatih para relawan untuk mengumpulkan mikro dan makro plastik dari garis pantai di seluruh Australia.

Direktur program ini, Dr Michelle Blewitt, mengatakan tujuannya adalah untuk mendapatkan data tentang jumlah plastik di lingkungan laut, di mana lokasinya dan dari mana asalnya.

"Ada sekitar lima triliun potongan plastik di lautan kita saat ini ... dan hanya ada tiga triliun pohon, jadi ada lebih banyak plastik di laut daripada pohon di planet kita.

"Plastik tak hanya menjerat hewan, hewan-pun menelan plastik ini. Plastik yang lebih kecil juga tertelan hewan sekecil zoo plankton, dasar dari rantai makanan."

Proyek, yang dirancang untuk melibatkan siswa dari kelas 9 hingga 12, ini akan menggunakan metode ilmiah yang ketat untuk mengumpulkan data dari garis pantai.

"Kami menggunakan dua metode: garis transek di mana mereka mengumpulkan barang-barang besar - botol plastik, kantong plastik, apa pun yang terlihat - [dan] data itu ditambahkan ke dalam database proyek Australian Marine Debris Initiative," kata Dr Blewitt.