5 Trik Jitu Hilangkan Gosong Peralatan Masak

Ilustrasi peralatan masak
Sumber :
  • Pixabay/Olaf Bröker

VIVA – Salah satu permasalahan yang sering dijumpai saat menggunakan peralatan masak adalah noda gosong yang tertinggal di alat masak. Noda gosong biasanya selain tak sedap dipandang, juga membuat orang jadi malas masak.

Hadir dengan Warna Baru, ini Kelebihan Steincookware Glow Pan Violet Series

Merasa putus asa dengan berbagai cara yang tak ampuh untuk menghilangkan bekasnya, berikut ini ada cara efektif yang sudah terbukti bisa menghilangkan noda gosong pada peralatan masak seperti dilansir dari Times of India.

1. Cuka

Trik Bersihkan Bekas Gosong di Wajan Pakai 3 Bahan Dapur

Isi peralatan peralatan masak yang bernoda gosong dengan air yang telah dicampur dengan satu cangkir cuka. Diamkan semalaman, di pagi hari cuci alat masak tersebut dengan sabun seperti biasa.

2. Garam

Hati-hati Moms! Alat Masak Seperti Ini Picu Gangguan Tiroid Hingga Kanker

Ilustrasi garam.

Anda juga bisa mengisi peralatan masak yang bernoda gosong dengan air, lalu rebus air dengan garam secukupnya untuk memudarkan kerak. Kemudian gosok sedikit dengan garam untuk menghilangkannya.

3. Bawang bombay

Masukkan lima hingga enam kulit bawang bombay ke dalam air di alat masak yang bernoda gosong. Panaskan air dalam api besar dan tutup. Rebus air selama 20 hingga 30 menit. Angkat peralatan masak dari kompor dan bersihkan dengan sabun seperti biasa.

4. Air panas

Cara jitu lainnya dengan mengisi peralatan masak yang gosong dengan air panas dan rendam selama setengah jam. Cara ini akan membantu melepaskan kerak gosong makanan yang tertinggal pada alat masak.

5. Minuman bersoda

Ilustrasi minuman ringan atau minuman bersoda.

Tuangkan sedikit minuman bersoda dalam penggorengan atau alat masak yang gosong, lalu panaskan dalam api kecil. Dalam beberapa menit akan terlihat bekas hitam perlahan menghilang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya