Hati-hati Moms! Alat Masak Seperti Ini Picu Gangguan Tiroid Hingga Kanker

Ilustrasi memasak dan memanaskan makanan.
Sumber :
  • Pexels/Martin Lopez

VIVA KulinerPernahkah terbayangkan gaya hidup sehat yang Anda junjung tinggi dalam kehidupan sehari-hari keluarga Anda di rumah menjadi sia-sia? Jika penyebabnya karena kegemaran jajan di luar rumah atau sering mengonsumsi makanan olahan, mungkin masih bisa dikontrol. 

Mengenal Penyakit Radang Usus, Bisa Sebabkan Kanker Usus Besar Jika Dibiarkan

Tapi, tanpa kita sadari, alat masak yang Anda pakai sehari-sehari di dapur, ternyata ada yang mengandung material berbahaya bagi kesehatan tubuh. Inilah yang patut diwaspadai. Scroll untuk info selengkapnya

Apalagi sampai saat ini masih banyak alat-alat masak seperti panci, penggorengan, bahkan rice cooker yang masih menggunakan lapisan anti-lengket berbahaya. 

Jokowi Bersyukur Angka Stunting Turun dari 37 Persen Menjadi 21 Persen

Ilustrasi peralatan masak

Photo :
  • Pixabay/Olaf Bröker

Salah satu unsur yang paling sering dipakai untuk peralatan masak adalah substansi PFAS (Per- and Polyfluoroalkyl Substances). Yaitu sebuah substansi kimia oleophobic (antiminyak) dan hydrophobic (antiair). 

Melahirkan Berulang Kali Dapat Menjadi Risiko Kanker Serviks, Benarkah?

Karena sifatnya, substansi ini banyak dimanfaatkan dalam industri elektronik, dan otomotif. Namun, jika digunakan dan terkonsumsi oleh manusia dan hewan, PFAS dapat menimbulkan beberapa gejala efek samping. 

Menurut data dari makalah “Temu Wicara Program Studi Magister Teknik Air Tanah Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian (FITB) Institut Teknologi Bandung (ITB) berkolaborasi dengan Jacobs Engineering, 2021, PFAS dapat memicu gangguan hormon tiroid hingga kanker

PFAS akan terlepas dari permukaan panci ketika terkena panas yang berlebih, dan bercampur dengan makanan yang sedang dimasak. Maka sia-sialah semua makanan sehat yang Anda sajikan untuk keluarga di rumah, jika masih menggunakan peralatan masak yang mengandung PFAS. 

Mengingat efek berbahaya substansi PFAS merupakan efek jangka panjang yang tidak akan terasa dalam waktu dekat, risikonya merupakan silent toxic bagi tubuh.

Ahli Gizi dari SESA, Reni Rahmawati, mengatakan, alih-alih memilih alat masak yang mengandung bahan berbahaya, produk panci sehat berlapis keramik antilengket dan antigores yang berasal dari material alami, juga sudah tersedia. 

"Lapisannya aman bagi kesehatan dinamakan Thermolon, yang terbuat dari bahan turunan pasir, sehingga tidak memerlukan bahan kima beracun seperti PFAS dan PFOA dalam proses produksinya," ujar Reni dalam keterangannya, Minggu 5 Februari 2023. 

“Karena terbuat dari bahan alami dan 0 persen racun, GreenPan 100 persen sangat aman jika bereaksi dengan panas seperti terkelupas atau tidak sengaja terbawa masuk ke dalam masakan. Jadi selain tetap dapat menyajikan masakan bergizi, para ibu juga tak perlu khawatir akan bahaya karsinogenik pemicu kanker yang terbawa masuk ke dalam tubuh,” sambungnya. 

Lebih lanjut Reni menjelaskan, selain tahan panas hingga 450 derajat celcius, Thermolon memungkinkan Anda memasak cepat dengan lower heat sehingga hemat energi, namun dengan hasil maksimal.

"Karena tidak ada bahan kimia berbahaya seperti PFAS  dan PFOA yang terlepas saat dipanaskan, maka produk ini sangat wajib dimiliki oleh ibu hamil dan menyusui, serta masa MPASI. Kami berharap, GreenPan dapat menjadi solusi bagi ibu-ibu yang kerap khawatir akan keamanan peralatan masaknya,” tambah Renny Hasibuan, Chief Marketing Officer SESA.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya