Cara Kreatif Generasi Milenial Bicara Uang

Creartor Fest x Dimensional Morphology 2018
Sumber :
  • VIVA.co.id/Adinda Permatasari

VIVA – Dahulu uang adalah hal yang sangat sensitif sehingga tabu untuk dibicarakan secara terbuka. Apalagi di kalangan anak-anak, konsep merencanakan keuangan untuk masa depan masih menjadi sesuatu yang abstrak hingga tak jadi prioritas.

BI Catat Uang Beredar Maret 2024 Rp 8.888 Triliun, Naik 7,2 Persen

Sementara generasi muda yang akrab dengan sebutan milenial dinilai konsumtif atau mudah sekali menghabiskan uang. Meski dianggap kreatif dalam menghasilkan uang, tapi menyimpan dan mengaturnya masih menjadi kendala utama generasi ini.

Inilah yang mendorong Permata Bank menggelar Creartor Fest x Dimensional Morphology 2018. Sebuah pameran seni, fotografi, dan video yang menyuarakan mengenai uang di mata kaum milenial.

Petugas Keamanan KAI Bandara Medan Temukan Uang Puluhan Juta Milik Penumpang

Creartor Fest merupakan kegiatan edukasi keuangan yang nerada di bawah payung kampanye #BicaraUang. Di pameran ini, anak-anak muda tidak sekadar menikmati seni, tapi juga belajar mengenai uang.

"Kami ingin menjadi payung untuk memberikan pengalaman yang berbeda dalam memahami konsep uang dan berani untuk mulai #BicaraUang sedini mungkin," ujar Retail Banking Director Permata Bank, Djumariah Tenteram saat pembukaan Creartor Fest x Dimensional Morphology di Teater Salihara, Jakarta, Selasa 30 Oktober 2018.

Sang Anak Minta Transfer Uang ke Jemaat, Sumber Penghasil Pendeta Gilbert Jadi Sorotan

Konsep edukasi keuangan yang dihadirkan dalam Creartor Fest terbilang unik, para seniman muda menampilkan karya fotografi, video, dan ilustrasi yang menggambarkan berbagai masalah keuangan yang umum dihadapi anak-anak muda.

Karya seni di Creartor Fest x Dimensional Morphology 2018

Salah satu fotografer yang ikut dalam pameran, Borneo Vernando menggambarkan bagaimana anak-anak muda mudah sekali menghamburkan uang. "Ternyata waktu menghabiskannya itu enggak sebanding dengan lamanya waktu kita dapatkan uang," ujarnya.

Dalam fotonya, ia mengilustrasikan pemuda-pemuda yang ditempeli dengan struk belanja. Struk itu menandakan bagaimana impulsivitas dalam berbelanja lama kelamaan akan membuat sakit.

Head of Customer and Marketing Permata Bank Ivy Widjaja mengatakan, menurut survei, milenial memiliki sifat yang dibagi menjadi 3C, yaitu Creative, Connected, dan Confidence.

"Pada dasarnya milenial kreativitasnya lebih tinggi dari generasi sebelumnya. Karena media sosial, mereka jadi lebih connected," ujar Ivy.

Creartor Fest x Dimensional Morphology digelar di Komunitas Salihara, Pasar Minggu, Jakarta, pada 30-1 November 2018. Acara ini bisa dikunjungi siapa saja dan tidak dipungut biaya. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya