Jangan Putus Asa, Ini Rahasia Akur dengan Mertua

Ilustrasi keakraban menantu dan mertua.
Sumber :
  • pixabay/longleanna

VIVA – Salah satu hubungan terunik di dunia barangkali hubungan antara menantu dan mertua. Beragam konflik kadang ikut mewarnai hubungan ini.

Fakta Terbaru Mertua Gorok Menantu Hamil di Pasuruan, Ternyata Suka 'Jajan' PSK

Dalam buku Haru Biru Mertua Menantu oleh Nagiga dan psikolog Dian Ibung, Psi., dijelaskan bahwa ada 2 faktor utama yang paling menentukan suksesnya hubungan menantu dan mertua, yaitu faktor adaptasi dan komunikasi.

Adaptasi sudah dimulai sejak pernikahan terjalin. Sebagian orang dapat melewati masa adaptasi yang mulus dan cepat bersama mertua. Ada pula menantu dan mertua yang agak lama menghadapi kendala dalam proses penyesuaian diri.

Mertua Pembunuh Menantu di Pasuruan Ternyata Duda, Sudah Setahun Tinggal Serumah

Dibutuhkan pengertian baik dari menantu maupun mertua dalam menerima peran baru mereka, baik secara fisik maupun psikis. Misalnya, sama-sama bersedia untuk mengenal, mempelajari, dan menyikapi dengan bijak budaya yang sudah melekat lama dalam lingkungan keluarga masing-masing.

Soal kebiasaan makan saja misalnya, bisa membutuhkan adaptasi. Misalnya, jika Kamu bingung mengapa suami tidak pernah bosan dengan satu jenis makanan tertentu, mau tidak mau Kamu harus menyesuaikan dengan kebiasaan ini.

Tips Disayang Mertua, Dijamin Hubungan Makin Harmonis dan Kompak

Atau mungkin cara penyajian dan pemilihan menu oleh mertua untuk suami sudah sangat pas di lidahnya suami sehingga mau tidak mau Kamu harus mencoba membuatnya. Tidak perlu sungkan bertanya pada mertua.

BACA SELENGKAPNYA

Ustaz Khalid Basalamah.

Ustaz Khalid Basalamah: 80 Persen Perceraian Lantaran Ada Campur Tangan Orang Tua dan Mertua

Bagaima ulama melihat tentang orang tua atau mertua yang ikut campur dalam rumah tangga anak-menantu mereka? Terkait dengan hal ini, ustaz Khalid Basalamah angkat bicara

img_title
VIVA.co.id
18 Januari 2024