4 Hal yang Wajib Dipersiapkan dalam Pernikahan

Ilustrasi pernikahan.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Setiap orang pasti punya pernikahan impian masing-masing. Namun, ketika pernikahan itu sudah di depan mata umumnya pasangan justru kebingungan memulai dari mana.

4 Ramalan Zodiak yang Bakal Beruntung dalam Pernikahan, Kamu Termasuk?

Menurut COO Weddingku Reza Paramita, ada empat hal penting yang perlu persiapan khusus menjelang pernikahan. Pertama, wedding organizer atau WO.

"WO itu kan cocok-cocokkan, ada macam-macam personality-nya. Perusahaan itu misalnya ada lima WO, kalau kita cocoknya dengan orang pertama tapi dia sudah diambil klien lain akan susah cari penggantinya," ujar Reza saat ditemui di Indonesia Dream Wedding Festival di JCC Senayan, Jakarta, Jumat, 25 Januari 2019.

Mahalini Raharja Minta Izin Keluarga untuk Hidup Bareng Rizky Febian

Karena itu, Reza menyarankan agar mempersiapkan WO kira-kira enam bulan sebelum pernikahan. Karena, dalam jangka waktu tersebut komunikasi menjadi faktor penting sehingga bila mendapat WO yang tidak cocok di hati akan sulit nantinya.

Hal penting kedua adalah make-up artist (MUA). Alat yang digunakan semua MUA mungkin saja sama, tapi mereka punya tangan dan keterampilan berbeda. Jika MUA favorit Anda sudah keburu di-book orang lain, tentu mencari pengganti tidak akan menghasilkan riasan yang sama.

Menikah Hari Ini, Intip Suasana Kediaman Mahalini yang Penuh Dekorasi Khas Bali

Berbeda dengan dekorator yang bisa mengerjakan hingga tiga pernikahan dalam satu hari, seorang MUA mungkin hanya bisa mengerjakan satu pengantin di hari yang sama. Jadi, Anda harus bergerak cepat.

Terakhir, MC dan fotografer. Prinsipnya sama dengan MUA. Mereka adalah talent yang tidak bisa bekerja di dua tempat berbeda dalam waktu sama. Jika Anda ingin pernikahan berjalan seperti yang Anda inginkan, jangan sampai MC dan fotografer pilihan Anda tak tersedia di hari yang sudah Anda tentukan.

Reza mengatakan, waktu paling pas dalam mempersiapkan pernikahan adalah enam bulan sebelumnya. Atau, yang paling umum adalah 10 bulan. Namun Reza mengungkap, kini semakin banyak pasangan yang mempersiapkan pernikahan hanya dalam tiga bulan saja.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya