Ada 'Cerita Horor' di Balik 4 Buah Ini

buah nanas
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Bukan hanya sayur, buah-buahan juga punya banyak manfaat untuk kesehatan. Sebab, buah mengandung banyak nutrisi, serat, dan vitamin yang memainkan peran kunci dalam menjaga tubuh selalu fit.

5 Makanan yang Dianjurkan untuk Penderita Darah Tinggi, dari Buah Beri sampai Yogurt

Meski buah manis dan segar, ternyata ada banyak kisah dan mitos terkait buah-buahan di setiap negara yang cukup seram, beberapa ini di antaranya.

Murbei dan darah

Mampu Melawan Kanker, 5 Manfaat Buah Beri yang Luar Biasa

Menurut legenda Babel Pyramus dan Thisbe, murbei pernah berwarna putih, tetapi berubah menjadi merah ketika diwarnai dengan darah.  Hal ini bermula dari kisah cinta yang tragis antara Pyramus dan Thisbe yang dilarang menikah oleh orang tua mereka. Namun mereka diam-diam berkomunikasi melalui celah di dinding di antara rumah mereka, dan memutuskan untuk bertemu di ladang di bawah pohon murbei.

Ketika Thisbe melihat singa bersimbah darah sedang minum dari kolam di dekatnya, dia menjatuhkan syalnya dan melarikan diri dengan ketakutan. Kekasihnya, menemukan selendang dan melihat singa yang berlumuran darah, mengira Thisbe tewas diterkam singa, Pyramus kemudian bunuh diri. Darahnya menodai buah putih dari pohon murbei. Ketika Thisbe kembali dan mendapati kekasihnya telah meninggal ia pun bunuh diri. Sebelum meninggal, dia melihat buah murbei yang sekarang berwarna merah dan mengatakan bahwa murbei selamanya menjadi bukti tragedi dan cinta. Sejak saat itu, murbei berwarna ungu kemerahan.

3 Buah dan Sayuran Terbaik, Turunkan Gula Darah dengan Cepat

Stroberi dan gerbang surga

Stroberi pada awalnya diasosiasikan dengan dewi Norse Friga. Dewi itu cemburu dengan predikat yang diraih oleh buah strober. Sehingga ia membuat peraturan ketat, seseorang dengan jejak stroberi di tubuhnya enggak bisa masuk ke surga.

Racun dan kehidupan abadi dari mangga

Legenda di daerah tropis menceritakan tentang seekor murai terbang yang ke surga lalu membawa benih mangga ke rajanya. Begitu pohon itu menghasilkan buah, raja memerintahkan seorang lelaki tua untuk memakan potongan buah pertama. Ternyata buah itu terkena racun ular yang menetes ke pohon ketika elang membawanya terbang di atasnya. Lelaki tua itu pun tewas. Karena ketakutan, raja akhirnya membunuh murai.  

Jauh kemudian, ada seorang wanita tua bersumpah untuk bunuh diri setelah penganiayaan seumur hidup. Dia makan mangga yang tidak teracuni dan malah mendapat masa mudanya kembali. Tapi, raja tidak pernah bisa makan mangga karena diliputi rasa bersalah karena membunuh murai yang tak bersalah.

Nanas dan kutukan

Mitos nanas menceritakan seorang gadis kecil yang cantik tapi malas bernama Pina. Menurut legenda, gadis kecil itu sangat egois sehingga setiap kali ada yang mau pinjam barangnya, Pina akan berkata tidak bisa menemukannya. Jika diminta melakukan pekerjaan rumah, dia akan beralasan pun ketika ada keluarganya yang sakit, Pina tidak mau membantu.

Saat ibunya sedang sakit dan meminta Pina memasak nasi, lagi-lagi Pina beralasan tidak bisa menemukan beras. Sampai ibunya berkata, kalau Pina punya seratus mata, dia baru bisa menemukan benda. 'Kutukan' ibunya jadi nyata, Pina tidak bisa bergerak dan menghilang. Berbulan-bulan kemudian saat ibunya sudah sembuh dan berjalan di ladang, ia menemukan buah aneh. Saat dikupas, buah itu memiliki banyak mata dan sadar ucapannya atas Pina menjadi kenyataan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya