Putus Rantai Corona, Bisa Lakukan ini Saat Belanja

Toko Kelontong
Sumber :
  • Ist

VIVA – Pandemi COVID-19 mengubah banyak hal, salah satunya kebiasaan berbelanja masyarakat. Bahan pokok menjadi primadona. Dalam membeli kebutuhan pokoknya, masyarakat bisa menerapkan social distancing dan membantu ekonomi Usaha Mikro Kecil dan Menengah bila melakukan belanja melalui toko kelontong di sekitar rumah.

5 Trik Biar Uang THR Gak Habis Buat Keperluan Lebaran

Hal ini sesuai dengan himbauan Pemerintah dalam rangka menjaga ketahanan ekonomi masyarakat kecil, yaitu agar setiap orang dapat saling membantu sesama warga di tempat tinggalnya. Sebagai penyedia, toko kelontong juga disarankan mengatur tempatnya agar konsumen tetap nyaman dalam berbelanja.

Salah satu yang telah menerapkan hal itu adalah komunitas toko kelontong SRC. Mereka melakukan berbagai cara agar pelanggannya bisa membantu pemerintah dalam memutus mata rantai virus corona.

Lebaran Pengeluaran Membengkak? Ini 7 Tips Menyiasatinya Biar Lebih Hemat

“Kami semua melakukan tindakan preventif terhadap penyebaran Covid-19 ini agar pelanggan kami dapat berbelanja dengan aman dan nyaman untuk memenuhi kebutuhannya. Selain itu, kami juga ingin agar kami tetap dapat memiliki penghasilan untuk menghidupi keluarga kami," kata Salim, Mitra SRC dari Jakarta Selatan dalam keterangan media.

Mereka melakukan usaha antara lain, membuat pembatas transparan di meja kasir, menggunakan masker dan penutup muka transparan, memberikan pembatas jarak antri untuk konsumen, menyediakan tempat cuci tangan, menyediakan hand sanitizer, melakukan promosi digital di aplikasi “AYOSRC”, serta adanya layanan order online (ambil sendiri atau antar).

Pembelian Impulsif di Balik Keranjang Belanja Konsumen

Ada sekitar 120 ribu toko kelontong yang juga mitra SRC melakukan hal tersebut. Kepala Urusan Pengembangan Bisnis Komersial SRC, Henny Susanto menyebarkan gerakan #KitaSalingMenolong untuk mengajak dan mengedukasi pemilik toko kelontong SRC untuk membantu masyarakat di lingkungan sekitar, dengan cara melakukan tindakan preventif.

Baca juga: Minimalisir Corona, Jangan Bawa Keluarga saat Belanja Kebutuhan Rumah?

"Pemilik toko kelontong SRC tetap membuka toko sehingga kebutuhan sehari-hari masyarakat dapat terpenuhi. Gerakan ini juga menjadi sebuah ajakan bagi konsumen untuk mendukung toko kelontong dengan cara berbelanja dekat rumah secara aman sekaligus merasakan pengalaman berbelanja menjadi nyaman,” ujar Henny.

SRC juga memberikan bentuk dukungan lain kepada pemerintah guna memotong mata rantai penyebaran Covid-19, yaitu dengan memberikan 650 ribu masker kain dan15.7 ribu liter cairan hand sanitizer kepada SRC dan Mitra SRC.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya