Bagaimana Hukum Memiliki Khodam Dalam Islam? Buya Yahya Menjawab

Yahya Zainul Maarif atau lebih akrab disapa Buya Yahya. 
Sumber :
  • Youtube Al Bahjah Tv

VIVA – Istilah khodam mungkin sudah tidak asing untuk sebagian orang. Khodam sendiri diartikan sebagai jin pembantu. Bagi sebagian orang, khodam sendiri sering dipercaya dapat membantu mereka, tidak heran jika banyak yang tertarik memiliki ataupun memelihara khodam. Lalu bagaimana hukumnya dalam Islam bagi manusia yang memelihara khodam? 

Pinjam Uang di Bank Syariah Apakah Riba? Ini Penjelasan Buya Yahya

Dalam YouTube channel, Reveiw Channel ulama Buya Yahya menjawab pertanyaan salah satu jamaah tentang hukum bagi orang yang memelihara khodam. Pertanyaan yang diajukan kepada Buya Yahya itu bagaimana memelihara khodam muslim yang tidak menyimpang dari ajaran Islam dan malah mengajarkan untuk berbuat baik sesuai ajaran agama? 

"Hukum bagi yang memelihara khodam muslim gak nyimpang dalam Islam justru ajarkan berbuat baik? Perantara perlindungan saja tidak ada niat buruk saya pernah dengar ustaz lainnya memiliki khodam haram?," tanya jamaah. 

Terpopuler: Ramalan Zodiak sampai Penjelasan Buya Yahya Soal Panggilan Pak Haji

Mengenai hal tersebut, Buya Yahya menjawab bahwa manusia tetap tidak boleh memelihara khodam. Sebab, jin memiliki hawa nafsu yang sama dengan manusia. Selain itu juga, jin memiliki sifat pendusta, jin bisa mengaku ingin menjadi teman manusia, namun sejatinya ingin menipu manusia.

"Bahaya sekali karena mungkin kamu sekali tertipu oleh jin karena jin seperti manusia yang akidahnya sesat juga ada, menjermuskan ada, mereka punya kewajiban ada ajaran sesat karena di manusia aja ada yang salah memilih sekolah untuk anaknya akidah sesat, apalagi urusan sama jin," jelas Buya Yahya. 

Belum Haji Bolehkah Dipanggil Pak Haji? Begini Buya Yahya Menjelaskan

Dia juga menjelaskan jika ingin ibadah yang kuat carilah pendamping yang baik. Dia juga menyebut bahwa jika seseorang itu berbuat baik maka dia tidak akan diganggu oleh orang lain. Sebab Allah akan selalu menjaga mereka. 

"Kalau mau ibadah yang kuat cari istri yang benar pasangan yang benar, jangan berurusan dengan jin. Bagaimana kita menjadikan jin sebagai sahabat, kamu belum mengenal dia. Maka Anda jangan berteman dengan jin khodam, kalau Anda baik Anda tidak diganggu karena Allah akan jaga Anda. Ga usah punya jin," jelas Buya Yahya. 

Buya Yahya juga menjelaskan,  jika ada ulama yang bilang boleh berurusan sama jin. Namun, kata dia ada syaratnya, mereka harus mengerti dengan syariat, sebab jika dibohongi dengan jin dia akan tahu. Kalau tidak mengerti syariat orang tersebut akan tertipu.

"Malah tertipu jadi dukun dia. Ini bahaya, gak ada urusan sama jin, nanti banyak bohongnya. Anda punya hawa nafsu jin juga hawa nafsu jadi kita tidak nyaman karena kita mungkin salah memperlakukan mereka atau sebagainya. Jadi ga usah berurusan dengan jin," jelas Buya Yahya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya