Doa Masuk Kamar Mandi

Ilustrasi berdoa.
Sumber :
  • Freepik

VIVA – Membaca doa di setiap kegiatan bagi seorang muslim sangat dianjurkan. Hal itu dimaksudkan untuk meminta kebaikan dan pertolongan dari Allah SWT agar diberikan kelancaran dan kemudahan.

Ceritakan Pengalaman Mistis, Inul Daratista Pernah Muntah Darah

Banyak doa yang diajarkan oleh para ulama dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu nya doa saat hendak masuk dan keluar kamar mandi.

Perlu diketahui, kamar mandi (toilet) adalah tempat kotor yang fungsinya untuk buang hajat, sehingga toilet menjadi tempat yang nyaman dihuni oleh setan. Maka dari itu, dianjurkan untuk baca doa saat masuk maupun keluar kamar mandi.

6 Adab Ziarah Kubur di Masa Lebaran yang Dianjurkan Nabi

Ada pun bacaan doa masuk dan keluar dari kamar mandi latin dan artinya yaitu seperti berikut ini.

Doa Masuk Kamar Mandi

Doa Mustajab di Akhir Ramadhan: Mohon Dipertemukan Kembali dengan Bulan Suci

Hal tersebut tercantum juga dalam hadist yang diriwayatkan oleh HR. Bukhari yang berbunyi sebagai berikut.

“Anas bin Malik Radhiyallahu Anhu menuturkan: jika Rasulullah SAW hendak masuk kamar mandi, beliau berdoaAllahumma inni a’udzu bika minal khubutsi wal khabaits.

“Alloohumma Innii a'uudzubika minal khubutsi wal khobaaits”

Artinya: "Ya Allah, aku berlindung pada-Mu dari syaitan laki-laki dan perempuan."

Doa Keluar Kamar Mandi

“Ghufranaka. Alhamdulillahilladzi azhaba ‘annil adzaa wa’aafaanii”

Artinya: "Dengan mengharap ampunan-Mu, segala puji milik Allah yang telah menghilangkan kotoran dari badanku dan yang telah menyejahterakan."

Bukan hanya berdoa saat masuk kamar mandi, tapi saat keluar kamar mandi juga dianjurkan untuk berdoa.

Adab saat di kamar mandi

Perlu diketahui juga, saat berada di kamar mandi, khususnya saat buang hajat, ada beberapa hal yang perlu kamu tahu guna melindungi diri agar terbebas dari najis. Adapun adab-adab tersebut yaitu seperti berikut ini.

1. Tidak menghadap kiblat

Rasulullah SAW bersabda:

 "Apabila kalian buang hajat, janganlah menghadap atau membelakangi kiblat. Namun menghadaplah ke timur atau ke barat." (HR Bukhari dan Muslim)

2. Masuk dengan kaki kiri terlebih dulu

Setelah membaca doa, abad berikutnya yang perlu kamu tahu saat masuk kamar mandi yaitu dianjurkan menggunakan kaki kiri terlebih dulu dan bukan menggunakan kaki yang sebelah kanan.

3. Membuang hajat tepat pada lubang toilet

Saat berada di kamar mandi untuk buang hajat, pastikan untuk membuang hajat atau buang air kecil tepat pada lubang toilet. Hal tersebut berfungsi agar pakaian yang kamu gunakan tidak terkena percikan air kencing.

4. Menggunakan tangan kiri

Saat selesai buang hajat atau buang air kecil, jangan lupa untuk menyiramnya sampai bersih dengan air. Untuk membersihkan tempat keluarnya kotoran, dianjurkan untuk tidak menggunakan tangan kanan, melainkan tangan.

Nah, itu dia doa masuk kamar mandi yang lengkap dengan adab saat berada di kamar mandi. Semoga bermanfaat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya