8 Ide Bisnis Online Tanpa Modal, Wajib Dicoba!

Ilustrasi bisnis online.
Sumber :
  • vstory

VIVA – Kamu punya memiliki banyak waktu luang dan ingin meningkatkan penghasilan? Jika iya, kamu bisa mencoba menekuni bisnis online tanpa modal. Namun, ini bukan berarti kamu tidak perlu menyiapkan apa-apa, lho.

Pemula Wajib Tahu, 7 Tips Jitu Memulai Bisnis Online Tanpa Modal Besar

Untuk menekuni bisnis online tanpa modal, kamu tentunya masih membutuhkan sejumlah hal, seperti ponsel, internet, dan sebagainya. Hanya saja, kamu tidak perlu mengeluarkan modal besar berupa uang, menyewa ruko, atau stok barang seperti kebanyakan bisnis lainnya.

Nah, bagi kamu yang tengah mencari peluang atau ide untuk memulai bisnis, yuk simak ulasan artikel berikut ini!

Siasati Sepinya Toko Offline, Konsep MMC Beri Inovasi Kembangkan Usaha

Ide bisnis online tanpa modal

1. Menjadi dropshipper

Shopee Dorong UMKM Kuasai Pasar Ekspor, Ini Ceritanya

Jika kamu memiliki skill untuk berjualan, kamu bisa mempertimbangkan untuk menjadi dropshipper. Tak perlu mengeluarkan modal apapun, kamu hanya perlu memulai dengan menentukan barang apa yang ingin kamu jual dan mempromosikannya untuk mendapatkan pelanggan.

Lalu, kamu bisa mencari penjual yang menjual barang tersebut. Nantinya, kamu bisa memesan dan meminta si penjual untuk mengirim produk tersebut langsung ke alamat pelanggan kamu. Jangan khawatir, apabila kamu mengirim barang sebagai dropshipper, barang akan dikirimkan atas nama kamu. 

2. Penerjemah

Kamu memiliki kemampuan yang baik dalam berbahasa? Maka, bisnis online yang satu ini bisa menjadi salah satu peluang emas untuk kamu. Selain bisa membantu mengasah skill bahasa agar lebih baik, kamu bisa mendapatkan uang tambahan juga.

Penerjemah biasanya sangat dibutuhkan oleh sebuah perusahaan untuk membantu menerjemahkan dokumen-dokumen. Tak sedikit juga orang-orang yang membutuhkan jasa terjemahan untuk hal-hal lainnya, seperti jurnal, penelitian, dan lain-lain.

3. Penulis lepas

Bagi kamu yang suka dan memiliki keahlian dalam menulis, menjadi penulis lepas bisa menjadi bisnis online yang sangat menguntungkan. Sebab, dengan maraknya digital marketing atau pemasaran produk melalui internet saat ini, banyak yang membutuhkan jasa menulis untuk mempromosikan produk mereka.

Untuk mencari peluang mendapatkan konsumen, kamu bisa bergabung pada platform freelancer yang banyak tersedia. Jangan lupa juga untuk mencantumkan portofolio sebagai bukti kemampuan menulis yang kamu miliki.

4. Membuka jasa titip

Kamu tentu sering mendengar istilah jastip atau jasa titip, kan? Jika kamu merupakan pengguna aktif Instagram, kamu bisa mencoba peruntungan di bisnis online yang satu ini. Nantinya, kamu bisa mengunggah barang-barang yang mungkin banyak dibutuhkan oleh orang lain untuk kemudian kamu belikan dengan harga yang sedikit lebih tinggi.

Selisih harga tersebut tentunya merupakan bayaran dari hasil jasa kamu. Jika ditekuni, kamu bisa mendapatkan penghasilan tambahan yang lumayan, lho!

5. Jasa desain grafis

Apabila kamu merupakan orang yang memiliki kreativitas yang tinggi dan senang membuat desain, kamu bisa mencoba bisnis online tanpa modal dengan memberikan jasa desain grafis. Mirip dengan penulis lepas, kamu bisa mencari konsumen berpotensi melalui sejumlah situs.

Agar calon klien semakin yakin dengan desain milik kamu, sebaiknya jangan lupa juga untuk cantumkan portofolio terbaik yang kamu punya!

6. Fotografer lepas

Semua orang memang bisa memotret. Akan tetapi, tidak semua orang bisa memotret dengan bagus. Jika kamu memiliki kemampuan dalam fotografi, kamu bisa mencoba menjual hasil foto kamu di situs-situs tertentu.

Namun, sebelum mencoba untuk menjualnya, jangan lupa mengedit terlebih dahulu foto tersebut agar tampak lebih bagus.

7. Admin media sosial

Di zaman yang serba digital ini, hampir semua hal bergantung dengan media sosial. Kini, media sosial tidak hanya dijadikan sebagai platform untuk membagikan kegiatan sehari-hari, tetapi juga sebagai ladang untuk bisnis dan melakukan promosi.

Karenanya, banyak tersedia peluang sebagai admin media sosial yang bisa kamu coba apabila kamu merupakan pengguna aktif media sosial. Saat menjadi admin, kamu biasanya akan bertanggung jawab untuk membuat konten menarik, berinteraksi dengan pengikut, dan juga meningkatkan engagement.

8. Jasa kursus online

Bagi kamu yang memiliki skill mengajar dan pengetahuan luas dalam bidang keilmuan tertentu, membuka jasa kursus online bisa menjadi alternatif bisnis online tanpa modal yang patut dicoba.

Saat mengajar, kamu bisa mengumpulkan beberapa orang sekaligus untuk membentuk kelompok dan melakukan kursus melalui platform seperti Zoom, Google Meet, dan Microsoft Teams. Namun, bisa juga melakukan kursus secara individu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya